WOMEN ARISE : 4 WOMEN BEHIND BLACK PANTHER

by - February 19, 2018



Sudah nonton Black Panther di bioskop? Black Panther (2018) adalah salah satu film produksi Marvel yang benar-benar sukses merebut hati dunia. Tak bisa disangkal, Black Panther memang adalah superhero berkulit hitam pertama dari Marvel, yang ide cerita dan alur ceritanya benar-benar menarik, sepenuhnya mengenai masyarakat kulit hitam di dunia (dan Afrika). Saya pun menanti film ini karena alasan itu, karena saya sangat senang dengan orang-orang kulit hitam—kharisma mereka, keunikan mereka, sampai budaya mereka.

Namun, kelebihan Black Panther (2018) ternyata tak hanya itu. Black Panther (2018) juga membuat saya susah move on karena: ya, sangat banyak female warriors (yang juga adalah perempuan-perempuan kulit hitam) dalam film ini yang memainkan peran signifikan dalam mendukung Black Panther, sang tokoh utama. Saya bisa bilang, meski tokoh utamanya adalah Black Panther a.k.a T’Challa (seorang laki-laki), tetapi tokoh utama ini takkan bertahan tanpa tokoh-tokoh perempuan dalam cerita. Jadi, siapa 4 perempuan di belakang kesuksesan T’Challa untuk menjadi Raja Wakanda sekaligus Black Panther sesungguhnya?


1. Shuri (Cast by Letitia Wright)


Who is she? Shuri adalah adik perempuan T’Challa, yang sangat jenius dalam perihal teknologi. Sebagai princess of Wakanda, Shuri juga merupakan yang terpintar di seluruh Wakanda, juga adalah penemu dan inovator di balik kostum Black Panther dan teknologinya, yang kesemuanya mempergunakan Vibranium, rare metal yang hanya ada di Wakanda.

What is her role? Shuri mengambil peran sangat signifikan dalam menciptakan dan menginovasi kostum dan teknologi yang digunakan T’Challa (Black Panther). Relasi Shuri dan T’Challa memang sangat dekat dan akrab, karena itu Shuri benar-benar berusaha menciptakan teknologi terbaik demi keselamatan kakaknya. Di dalam labnya, Shuri terus menelurkan karya-karya teknologi kekinian yang luar biasa, yang sangat canggih dibandingkan teknologi seluruh dunia. Tak hanya itu, penemuan Shuri juga terbukti bisa menyelamatkan nyawa Agent Ross (juga Bucky Barnes).

Why she is so cool? Ilmuwan perempuan yang sangat jenius di usia yang tergolong muda dan berperan luar biasa besar di balik seorang superhero? Superduper cool! Ia selalu penasaran dan tak berhenti mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Vibranium di Wakanda. Bahkan, Shuri diduga lebih jenius dibandingkan dengan Tony Stark. Enough said.

What things we can learn from her? Bahwa perempuan tak kalah dari laki-laki dalam masalah ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk menjadi seorang ilmuwan. Kita tak boleh lagi seksis dalam perihal pengetahuan dan kemampuan.


2. Okoye (Cast by Danai Gurira)


Who is she? Okoye adalah petarung terbaik di Wakanda (yang tidak dinamakan Black Panther), juga pemimpin dari Dora Milaje, pasukan khusus Wakanda yang kesemua anggotanya adalah perempuan.

What is her role? Okoye adalah pemimpin (pasukan perang) strategis yang ikut bertanggung-jawab atas keamanan dan perlindungan Wakanda. Secara khusus, ia juga berperan menjadi pelindung & pendukung Raja yang bertahta (Black Panther). Bersama T’Challa dan Nakia, Okoye ikut bertugas pergi ke outside world untuk menangkap musuh puluhan tahun Wakanda, Klaue. Ketika T’Challa berkeras hati pergi sendirian untuk menyelamatkan Nakia dari tugas penyamarannya di Nigeria, Okoye juga berperan penting di situasi genting akhir penyelamatan—ketika seorang teroris penembak menyandera seorang perempuan untuk menyudutkan T’Challa, Okoye berhasil membunuh teroris penyandera tersebut dengan pedang dari belakang—yass, Okoye ternyata menyusul T’Challa ke Nigeria untuk menjadi back up soldier T’Challa. Ketika terjadi perang saudara di Wakanda karena Killmonger, Okoye juga berdiri paling depan dalam perang untuk membela raja yang sesungguhnya, T'Challa.

Why she is so cool? Pemimpin pasukan khusus perempuan yang, kemampuan bela dirinya tak perlu lagi diragukan. Keteguhan hati dan kesetiaannya pada tugas panggilan, juga dibuktikan ketika Okoye memilih memprioritaskan Wakanda daripada W’Kabi (pacar Okoye, yang sempat memihak Killmonger dan memecah-belah Wakanda dalam situasi chaos perang saudara). Keberaniannya juga dibuktikan ketika ia tak gentar memilih berdiri di depan M’Baku untuk melindunginya dari badak W’Kabi yang akan menyerang M’Baku.

What things we can learn from her? Bahwa seorang perempuan dapat menjadi petarung perempuan (sekaligus pemimpin) yang berkualitas tinggi: pemberani dan berdedikasi tinggi, tak kalah dari laki-laki. Ia tegas dan dapat diandalkan, penuh pertimbangan dan bertanggung jawab. Psst, Okoye adalah tokoh favorit saya dalam film ini ;)


3. Ramonda (Cast by Angela Bassett)


Who is she? Ramonda adalah queen mother, istri dari alm. Raja T’Chaka, juga ibu dari T’Challa dan Shuri. Ramonda termasuk salah satu perempuan paling berpengaruh untuk tahta Wakanda.

What is her role? Setelah Raja T’Chaka meninggal dalam serangan teroris, Ramonda berperan besar untuk menolong pergantian tahta kepada T’Challa, dengan cara yang damai dan adil sesuai dengan budaya tradisi yang berlaku di Wakanda. Meskipun Ramonda tidak bisa menyembunyikan perasaan sedihnya sebagai seorang ibu yang kehilangan anak (setelah T’Challa dikalahkan Killmonger dan dibunuh dalam upacara perang), Ramonda masih memikirkan nasib Wakanda, sampai ia akhirnya menyetujui usul Nakia untuk meminta bantuan pada M’Baku dan Jabari Tribe, demi dapat menyelamatkan Wakanda dari Killmonger. Tanpa Ramonda yang meracik heart-shaped herb sebagai ganti Zuri (yang sudah dibunuh Killmonger), T'Challa tidak akan bisa selamat dan kembali menjadi Black Panther.

Why she is so cool? Karakter Ramonda mewakili sosok perempuan yang diharapkan masyarakat, yaitu sosok feminin yang keibuan, anggun, lembut, dan bijaksana. Meskipun tak ikut turun di medan perang, Ramonda membuktikan bahwa sosok feminin tak selamanya dikonstruksikan sebagai sosok yang lemah. Sebaliknya, sosok feminin itu juga tegas dan berani mengambil keputusan, berpengaruh besar, pun tak ragu berkorban atas kehendaknya sendiri demi keselamatan anak dan negaranya.

What things we can learn from her? Bahwa seorang perempuan dapat meredefenisi dan mengkonstruksikan makna menjadi feminin dalam wujud gambaran yang berbeda dari apa yang selama ini telah dikonstruksikan konformitas masyarakat. Tak selamanya konformitas itu baik untuk diikuti.


4. Nakia (Cast by Lupita Nyong’O)


Who is she? Nakia adalah salah satu dari War Dog, mata-mata Wakanda yang di negara luar yang bertugas untuk mengamati dan melaporkan kembali kepada Wakanda. Ia juga adalah mantan kekasih T’Challa. Hubungan mereka berakhir karena Nakia memilih untuk bertugas sebagai War Dog dan pergi bertugas keluar Wakanda. Nakia tak bisa berdiam diri melihat penderitaan kaum kulit hitam di luar Wakanda, ketika Wakanda memilih untuk mengisolasi diri dari dunia luar demi melindungi rakyat dan negaranya.

What is her role? Dalam Black Panther (2018), Nakia menjadi salah satu pendukung T’Challa dalam segala, termasuk dalam perang. T’Challa sendiri yang menjemput Nakia yang sedang bertugas di luar Wakanda (Nigeria), untuk dapat ikut menghadiri upacara pengangkatannya sebagai Raja Wakanda yang baru. Ketika terjadi pergantian tahta dan T’Challa hilang di air terjun setelah dikira terbunuh dalam upacara oleh Killmonger, Nakia sigap melindungi Ramonda & Shuri (apalagi karena Okoye tak bisa meninggalkan tugasnya melayani tahta raja baru). Nakia juga yang diam-diam mengambil heart-shaped herb (semacam tanaman berbunga yang hanya tumbuh di Wakanda, yang adalah sumber kekuatan superhuman dari Black Panther), sehingga T’Challa masih bisa memperoleh kembali kekuatannya dan menjadi Black Panther—sebelum Killmonger membakar seluruh heart-shaped herb agar raja selanjutnya tak bisa memiliki kekuatan yang sama. Nakia menjadi tempat T’Challa menumpahkan isi hatinya ketika ia terkejut dan bingung setelah mengetahui fakta pembunuhan tersembunyi yang dilakukan T’Chaka.

Why she is so cool? Sebagai expert spy dan prajurit, Nakia menguasai berbagai teknik bela diri dan banyak bahasa. Salah satunya, Bahasa Korea yang sangat fasih sekali. Amazed! Dia juga diduga adalah prajurit terbaik dari River Tribe. Panggilan dan keputusannya untuk berdiri bagi sosial-kemanusiaan, bagi kaumnya yang menderita di luar Wakanda, juga sangat-sangat kuat.

What things we can learn from her? Bahwa perempuan harus memiliki mimpi dan panggilannya sendiri. Ia tak harus selalu tergantung pada laki-laki untuk dapat hidup menjalankan panggilan hidupnya. Di sisi lain, perempuan justru dapat menjadi penolong yang sangat-sangat dibutuhkan oleh para laki-laki. Nice!

Saya menganggap tokoh T’Challa sangat beruntung karena dikelilingi empat sosok perempuan luar biasa yang sangat berpengaruh dan menolongnya dalam segala ini. Black Panther (2018) membuktikan bahwa para perempuan pun dibutuhkan, untuk menjaga kedamaian dan keseimbangan masyarakat dunia. Jadi, tak hanya superheroes, tetapi juga superheroines.

Belakangan ini (di tengah isu gender yang menjadi salah satu ukuran perkembangan dunia, masuk sebagai goal poin ketiga MDGs), saya memperhatikan, superheroes movies dunia memang sudah mulai memperhatikan pentingnya mengangkat tokoh-tokoh perempuan, sebagai superheroines. Marvel, salah satunya, dengan film Black Panther (2018) ini, juga dengan film Logan (2017), dimana ternyata tokoh Wolverine akan digantikan oleh sosok perempuan (Laura, X-23), yang bisa dibilang adalah anaknya Logan, karena diciptakan dari DNA Logan. Di DC Comics, sosok Wonder Woman (2017) meski mengundang banyak perdebatan feminisme, juga sukses menjadi tokoh superheroine dunia. Menarik! Women arise, why not?

You May Also Like

0 comments