Ulasan 13 Drama Korea Terfavorit di 2019 Untuk Binge-Watch Kamu


Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2019 tak kalah penuh dengan drama-drama Korea yang menarik untuk disimak (dan masuk dalam daftar binge-watch di kala-kala suntuk butuh hiburan, haha). Saya sebenarnya cukup picky dalam memilih judul drama untuk ditonton sampai habis—mengingat jam yang dihabiskan tidak singkat kan, minimal 11 jam/drama untuk 11 episode (jika 1 jam/episode). Memastikan tema cerita yang diangkat unik, menarik, dan menghibur adalah aturan nomor satu, hoho.

Salah satu adegan dalam K-Drama Be Melodramatic (2019)

Berikut adalah ulasan saya untuk 13 drama Korea di 2019 terfavorit yang bisa jadi rekomendasi tontonan buat binge-watch time kamu juga. Sebagian besar bergenre comedy, jadi pas sekali jika kamu butuh merelaksasi pikiran setelah berlelah-lelah di dalam atau di luar rumah.

1. Be Melodramatic
Tanggal Rilis : 9 Agustus – 28 September 2019
Network : JTBC
Jumlah Episode : 16 (1 jam/episode)
Writer: Lee Byeong-Hun, Kim Young-Young
Director: Lee Byeong-Hun                                                                                            


Bagaimana sebenarnya cara terbaik untuk menjalani usia 30 tahun? Dalam drama ini, tiga bersahabat—Jin-Joo, Eun-Jung, dan Han-Joo, masing-masing berbagi kisah tentang hidup di usia 30 tahunnya. Jin-Joo, masih terseok meniti jalan karirnya sebagai penulis naskah drama, yang berusaha mempertahankan gaya menulisnya yang berbeda. Eun-Jung, seorang sutradara film dokumenter yang film pertamanya begitu terkenal—tetapi ia harus menghadapi realita kehilangan kekasihnya karena penyakit kronis. Han-Joo, hamil tanpa direncanakan dan menikah dini ketika masih mahasiswa, tapi berpisah dengan suaminya kemudian dan berjuang membesarkan anaknya sendirian, sambil bekerja di rumah produksi film.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena meski underrated, drama ini punya gaya khas uniknya sendiri, yang beda dari drama-drama lainnya. Tiga bersahabat—Jin-Joo, Eun-Jung, dan Han-Joo—selain dengan cerita hidupnya yang menarik untuk disimak, masing-masing juga memiliki karakter unik yang mewarnai drama ini dengan baik. Tak hanya mereka, ada tokoh-tokoh terkait lainnya, dengan karakter dan cerita hidup yang juga unik dan menarik, yang juga ikut meramaikan alur drama ini. Jika kamu ingin drama yang memperbincangkan soal hidup, dengan santai-lucu tanpa kehilangan refleksi mendalamnya, drama ini pas sekali untuk kamu tonton.

2. When The Camellia Blooms
Tanggal Rilis : 18 September – 21November 2019
Network : KBS2, Netflix
Jumlah Episode : 40  (setengah jam/episode)
Writer: Im Sang-Choon
Director: Cha Young-Hoon, Kang Min-Kyung


Bagaimana sulitnya menjadi seorang single mother di usia muda tanpa status pernikahan yang harus menanggung tanggung jawab ganda untuk mengurus anak dan mencari nafkah sekaligus, di tengah masyarakat yang diam-diam penuh stigma dan kerap kali mengucilkan terang-terangan—apalagi ketika memilih mencari nafkah dengan membuka sebuah bar bernama Camellia? Eits, tunggu dulu, drama ini gak ‘seberat dan seserius’ itu kok. Bergenre komedi-romantis, drama ini dikisahkan dalam alur santai tanpa kehilangan kedalaman cerita. Intinya, yes, film ini mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Dong-Baek, yang besar tanpa orang tua karena ditinggalkan ibunya di panti asuhan, dalam perjalanan hidup yang tak mudah kemudian, sampai menjadi single-mother, terpaksa jadi saksi dalam kasus pembunuhan psikopat yang belum dapat tertangkap juga sehingga menjadi target pembunuhan selanjutnya, dan bertemu dengan seorang polisi bernama Yong-Sik.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini mengangkat berbagai isu kehidupan yang dipaparkan dalam cara cerdas sekali dan dipadu-padankan dengan alur cerita komedi-romantisnya, dengan sedikit bumbu thriller. Cek saja rating yang berhasil ia raih tahun 2019 sebagai salah satu drama yang paling disukai publik. Pun, drama ini baik sekali menggambarkan naik-turun perjuangan Dong-Baek, sebagai tokoh utama perempuan, menghadapi hidup yang susah silih-berganti sampai akhir. Kamu juga akan terharu dan kagum menyimak kemampuan acting dari Kim Kang-Hoon, yang memerankan anak Dong-Baek yang sudah berusia 8 tahun (Pil-Gu). Pastinya, kalau kamu fans dari Kang Ha-Neul dan/atau Kong Hyo-Jin, drama ini harus menjadi drama wajib tonton kamu. Dijamin, sangat-sangat menyenangkan dan membahagiakan.

3. Romance Is A Bonus Book
Tanggal Rilis : 26 Januari – 17 Maret 2019
Network : tvN, Netflix
Jumlah Episode : 16  (1 jam/episode)
Writer: Jung Hyun-Jung
Director: Lee Jung-Hyo


Bagaimana sebenarnya cerita suka-duka bekerja di perusahaan penerbitan buku? Drama ini mengisahkan tentang Cha Eun-Hoo (Lee Jong-Suk) yang karirnya sukses sebagai penulis buku best seller dan kepala editor termuda di sebuah perusahaan penerbitan buku. Cha Eun-Hoo mengenal baik dan dekat seorang perempuan yang usianya lebih tua, bernama Kang Dan-Yi, yang harus berhadapan dengan realita sulit pasca pernikahannya yang berakhir pada perceraian karena suaminya yang berselingkuh dan memilih pergi meninggalkannya dan anaknya. Sebelum menikah, didukung oleh latar belakang pendidikan yang mengagumkan, Kang Dan-Yi telah memiliki jalan karir yang cemerlang di ranah advertising agency—yang sayangnya, harus ia tinggalkan karena pernikahan dan ternyata kesulitan didapatkannya lagi setelah perceraian. Drama ini berkisah tentang mereka berdua.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini banyak, banyak sekali, bercerita tentang buku dan perusahaan penerbitan buku. Para pencinta buku pasti bahagia menonton drama ini. Yang ingin tahu tentang perusahaan penerbitan buku, drama ini banyak berbagi pengetahuan baru. Acting Lee Jong-Suk, seperti biasa, tetap memesona. Pun, satu hal yang jarang diangkat drama lain—drama ini berkisah tentang kisah romantis dengan perempuan yang lebih tua (noona).

4. Tale of Nokdu
Tanggal Rilis : 30 September – 25 November 2019
Network : tvN
Jumlah Episode : 16  (1 jam/episode)
Writer: Hye Jin Yang (webcomic), Im Ye-Jin, Baek So-Yeon
Director: Kim Dong-Whee


Bagaimana kehidupan di sebuah desa yang penduduknya perempuan semuanya, sebuah desa yang dikhususkan untuk menjadi tempat perlindungan bagi para janda di zaman dinasti Korea dulu? Secara ringkas, kisah ini yang awalnya diceritakan dalam Tale of Nokdu. Sebenarnya, berkisah tentang Nok-Du, seorang laki-laki yang harus menyamar menjadi seorang perempuan janda agar bisa masuk dan tinggal di desa para janda (widow village)—demi mengejar dan mencaritahu latar belakang salah satu pembunuh bayaran yang menyerang keluarganya, yang ternyata adalah perempuan. Di desa itu, Nok-Du bertemu dengan Dong-Ju, seorang perempuan yang pernah menyamar menjadi laki-laki dan diselamatkannya ketika tertangkap ingin membunuh Kaisar. Dong-Ju ternyata adalah seorang gisaeng, perempuan penghibur di zaman Kerajaan Joseon.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini punya cerita yang unik sekali—Nok-Du menyamar menjadi perempuan, ketika Dong-Ju menyamar menjadi laki-laki. Dalam drama ini, kamu bisa melihat kemampuan acting Jang Doo-Yoon (sebagai Nok-Du) yang mengesankan, dan lucu-kocak, ketika menyamar menjadi seorang perempuan. Meski ceritanya bersifat fiksi dan tidak diangkat dari kisah nyata, drama ini bisa dinikmati para penikmat drama Korea bergenre sejarah (history). Pun, drama ini mengisahkan dengan haru tentang Pasukan Muweol, pasukan petarung hebat yang kesemuanya adalah perempuan—yang inspiratif. Drama ini tak luput untuk peka mengangkat isu pemberdayaan perempuan deh.

5. Abyss
Tanggal Rilis : 6 Mei – 25 Juni 2019
Network : tvN, Netflix
Jumlah Episode : 16  (1 jam/episode)
Writer: Moon Soo-Yun
Director: Yoo Je-Won


Bagaimana rasanya hidup kembali setelah meninggal tapi dalam wujud fisik yang jauh berbeda? Ko Se-Yeon adalah seorang jaksa perempuan yang berpenampilan sangat menarik secara fisik, yang juga sangat berkapabilitas dalam pekerjaannya. Suatu hari, ia mati dibunuh—tetapi kemudian secara ajaib, dengan bantuan sebuah bola bercahaya yang misterius yang disebut Abyss, hidup kembali dalam wujud fisik jauh berbeda. Ko Se-Yeon ‘dihidupkan’ kembali dengan bantuan Cha-Min. Cha-Min adalah seorang laki-laki pewaris perusahaan kosmetik yang kaya-raya, tetapi berpenampilan fisik sangat tidak menarik. Ia berteman akrab dengan Ko Se-Yeon sejak masih sekolah. Cha-Min juga meninggal karena sebuah kecelakaan dan hidup kembali dalam fisik yang jauh berbeda berkat Abyss. Cha-Min kemudian berusaha membantu Ko Se-Yeon untuk mencaritahu siapa pembunuhnya dan mendapatkan keadilan.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena fantasi dalam drama ini menarik sekali untuk disimak, bagaimana ternyata sulit sekali jika kita hidup kembali dalam wujud fisik yang berbeda. Bagi penikmat drama Korea bergenre law & thriller, drama ini bisa menjadi opsi yang baik. Soal pemeran, acting Park Bo-Young (sebagai Ko Se-Yeon, setelah hidup kembali) selalu pro dan mengesankan, meresap baik kepada karakter berbeda-beda yang ia perankan di setiap drama, termasuk Abyss. Ngomong-ngomong, untuk yang belum mengenal aktor Ahn Hyo-Seop, dalam drama ini pasti menyadari ternyata Ahn Hyo-Seop menarik sekali dan berbakat sekali dalam dunia acting. Hahaha.

6. Touch Your Heart
Tanggal Rilis : 6 Februari – 28 Maret 2019
Network : tvN, Netflix
Jumlah Episode : 16  (1 jam/episode)
Writer: Yegeo (web novel)
Director: Park Joon-Hwa


Bagaimana jika Lee Dong-Wok dan Yoo In-Ha kembali bermain peran bersama dalam drama baru setelah Goblin (2016), tetapi kali ini, sebagai jaksa dan sekretaris jaksa? Oh Yoon-Seo (Yoo In-Ha) adalah seorang aktris yang sangat terkenal karena kecantikannya—sayang, tidak untuk kemampuan acting-nya. Setelah terlibat skandal dengan seorang putra dari keluarga pebisnis kaya-raya, karirnya pun semakin menurun. Saat itu, ia mendengar bahwa ada penulis drama yang tenar yang ingin dia memerankan karakter utama dalam drama garapannya, yang berperan sebagai sekretaris pengacara. Demi mengumpulkan pengalaman untuk penghayatan perannya, ia rela magang di firma hukum (law firm) sebagai sekretaris pengacara dalam beberapa bulan. Disana, Oh Yoon-Seo bertemu Kwon Jung-Rok (Lee Dong-Wok), seorang pengacara yang arogan, kaku dan berhati dingin—sayangnya, merupakan pengacara paling diandalkan di law firm itu dan Oh Yoon-Seo ditugaskan menjadi sekretarisnya.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena sekali lagi, kita akhirnya bisa menikmati chemistry yang greget-unik-membahagiakan antara pasangan terfavorit di drama Goblin (2016), Lee Dong-Wook dan Yoo In-Na. Untuk yang menyenangi genre law dan ingin tahu lebih tentang dunia law firm, drama ini juga mengisahkan cerita-cerita suka-duka di law firm—dengan balutan komedi-romantis antara karakter yang diperankan Lee Dong-Wook dan Yoo In-Ha, yang menjaga alur cerita cukup santai dan tak seserius itu.

7. Top Star Yoo Baek
Tanggal Rilis : 16 November 2018 – 25 Januari 2019
Network : tvN
Jumlah Episode : 11  (1 jam/episode)
Writer: Lee So-Jung, Lee Si-Eun
Director: Yoo Hak-Chan


Bagaimana jika tanpa kamu tahu, kamu harus berlibur di sebuah pulau tanpa teknologi komunikasi? Sebagai seorang ex-anggota grup idol dan aktor yang berpenampilan fisik menarik dan sangat populer sejak masih muda, Yoo Baek (Kim Ji-Suk) merasa tak perlu menjadi ‘lelaki baik’ untuk menambah popularitasnya. Ia sangat egois, berfokus hanya pada dirinya sendiri, dan seringkali terlalu jujur dalam cara yang brutal yang sering melukai orang lain. Karena sifatnya itu, ia tersandung sebuah masalah besar dan dikirim agensinya untuk berwisata ke tempat jauh untuk sementara waktu, demi menghindari media. Sayangnya, Yoo Baek tidak tahu bahwa tempat wisata tujuannya merupakan sebuah pulau indah yang tak terjamah teknologi komunikasi selain telepon rumah di beberapa lokasi. Disana, tak ada yang mengenalnya sebagai aktor populer. Disana, Yoo Baek bertemu dengan Oh Kang-Soon (Jeon Seo-Min), seorang perempuan yang sangat kuat dengan kepribadian unik—yang sudah terikat sebuah ikatan persahabatan-romantis yang sulit dijelaskan dengan seorang kapten kapal, Choi Ma-Dol (Lee Sang Yeob).


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena dalam drama ini, kita bisa menikmati adegan-adegan yang kocak sekocak-kocaknya, apalagi dalam peran Jeon So-Min dan Lee Sang-Yeob—kali ini tidak dalam korean show, tapi korean drama. Kisahnya unik, bisa membantu kita ‘melarikan diri’ sejenak jika sedang suntuk dengan kehidupan sehari-hari—karena banyak dikisahkan di sebuah pulau tak terjamah televisi dan internet, dengan penampakan alam yang rupawan, dengan penduduk berkarakter unik yang masih begitu terikat secara sosial dengan satu sama lain.

8. My Strange Hero
Tanggal Rilis : 10 Desember 2018 – 4 Februari 2019
Network : tvN
Jumlah Episode : 11 (1 jam/episode)
Writer: Kim Yoon-Young
Director: Ham Joon-Ho


Bagaimana jika seorang mantan siswa yang belum berhasil lulus kembali lagi bersekolah menjadi siswa, setelah ia telah 10 tahun lepas dari SMA? Ketika Kang Bok-Su (Yoo Seung-Ho) masih duduk di bangku SMA, ia dituduh melakukan tindakan kekerasan dan berakhir dikeluarkan dari sekolah. Mirisnya, tuduhan ini dilakukan oleh pacarnya sendiri, Son Soo-Jeong (Jo Bo-Ah) dan temannya, Oh Se-Ho (Kwak Dong-Yeon). Setelah dewasa, Kang Bok-Su menjalani kehidupan yang tidak mudah juga—ketika tiba-tiba ia bertemu lagi dengan mantan pacar dan temannya itu, Kang Bok-Su kembali ke sekolah, sebagai siswa lagi, demi membalaskan dendamnya. Di sekolah itu, mantan pacarnya (Son Soo-Jeong) menjadi guru honorer dan temannya (Oh Se-Ho) menjadi direktur, karena sekolah itu ternyata adalah sekolah milik ibunya.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini seperti kisah nostalgia ke masa-masa sekolah, dengan kisah percintaan dan persahabatannya yang sederhana-tapi-rumit-sekaligus. Kamu bisa ikut menyelami beberapa masalah murid di sekolah sesuai isu hangat (ketika drama ini tayang), yang diangkat drama ini. Kamu bisa menemukan drama keluarga pula, khususnya dalam keluarga Kang Bok-Su yang haru—dengan peran Kim Mi-Kyung yang begitu berbakat dan menyentuh sebagai ibunya. Drama ini pas buat yang masih duduk di bangku SMA, pun pas untuk yang sudah dewasa dan tidak sekolah lagi.

9. Extra-Ordinary You
Tanggal Rilis : 2 Oktober – 21 November 2019
Network : MBC
Jumlah Episode : 32 (setengah jam/episode)
Writer: Moo Ryoo (webcomic), In Ji-Hye, Song Ha-Young
Director: Kim Sang-Hyub


Bagaimana rasanya jika kamu sadar bahwa dunia dimana kamu hidup ternyata adalah dunia di dalam sebuah webtoon—ditambah, realita bahwa kamu hanyalah tokoh tambahan pendukung dan bukan tokoh utama? Eun Dan-O (Kim Hye-Yoon) tiba-tiba mengalami kesadaran itu, ketika ia merasa kehidupan berpusat pada dirinya. Berasal dari keluarga kaya yang bersekolah di sekolah bergengsi, sudah memiliki tunangan yang bersekolah di sekolah yang sama. Setelah ia tahu bahwa ia hanyalah tokoh pendukung dalam sebuah dunia webtoon yang hidupnya sudah digariskan menurut alur cerita yang ditulis author, ia ingin memberontak. Apalagi ia harus berhadapan dengan realita bahwa dalam cerita yang telah dituliskan, tunangannya tidak menyukainya dan ia mengidap sakit jantung bawaan dengan vonis umur tidak lagi panjang. Eun Dan-O ingin menulis ulang ceritanya sendiri. Ia mencari cara dan bertemu seorang murid tak bernama (Ro Woon), yang perannya bahkan tak penting bagi cerita yang dituliskan author, lalu berusaha bersama mengubah cerita.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena cerita yang mengangkat kisah fantasi unik tentang dunia webtoon, dengan alur yang fun dan imajinatif. Kamu diajak berpikir juga, sebenarnya se-krusial apa menjadi tokoh utama dalam kehidupanmu sendiri. Penokohan Ro Woon dari idol band SF9 sebagai Ha-Roo, dijamin juga membuat penonton greget. Plus, ada second lead berkarakter bad boy, dalam penokohan Lee Jae-Wook sebagai Baek Kyung, tunangan Eun Dan-O dalam ‘garis cerita’ webtoon. Menurut saya, drama ini ­teenager-friendly sekali.

10. Beatiful Love, Wonderful Life
Tanggal Rilis : 28 September 2019 – 2020
Network : KBS2
Jumlah Episode : 100  (setengah jam/episode)
Writer: Bae Yoo-Mi
Director: Han Joon-Seo


Bagaimana sebenarnya jalan untuk menemukan cinta dan kehidupan bahagia, apalagi di tengah segala kekacauan? Drama ini berkisah tentang empat orang yang mencari cinta dan kebahagiaan dalam perjalanan hidupnya. Kim Cheong-A (Seol In-A) merupakan korban bully ketika SMA dan pernah hampir melakukan percobaan bunuh diri bersama seorang teman laki-laki yang baru ia kenal dari internet. Temannya tersebut meninggal karena bunuh diri tanpa sepengetahuannya dan berpesan supaya ia tetap hidup, tapi kejadian itu justru menjadi titik balik yang rumit bagi hidup Kim Cheong-A. Koo Joon-Hwi (Kim Jae-Young) adalah kakak dari Koo Joon-Gyeom, teman Kim Cheong-A yang meninggal karena bunuh diri. Ia kemudian bertemu secara tidak sengaja dengan Kim Cheong-A dan keduanya menjalin kisah romantis. Kim Seol-A (Jo Yoon-Hee) adalah kakak Kim Cheong-A, ia adalah seorang pembawa berita terkenal sebelum menikah dengan Do Jin-Woo (Oh Min-Suk) yang kaya-raya. Setelah meninggalkan karirnya dan menggapai mimpi menikah dengan lelaki kaya-raya, ia harus menghadapi masa sulit dan justru merasa tidak bahagia. Moon Tae-Rang (Yoon Park) adalah seorang koki. Ia diadopsi oleh keluarga angkatnya, begitu juga dua orang adiknya—tetapi mereka adalah keluarga harmonis yang bahagia. Moon Tae-Rang bertemu Kim Seol-A karena sebuah kecelakaan yang mengungkap fakta pahit bahwa adiknya berselingkuh dengan suami Kim Seol-A.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini mengisahkan tentang problema hidup sehari-hari, tentang keluarga-percintaan-dan-kehidupan-masa-dewasa. Bagaimana Kim Cheong-A gagal berkali-kali selama sepuluh tahun dalam tes untuk menjadi polisi. Bagaimana rumitnya hubungan persaudaraan di dalam keluarga, entah itu terikat hubungan darah atau tidak. Bagaimana seorang ibu selalu ingin melindungi anak-anaknya dan ingin yang terbaik bagi mereka. Bagaimana menjalin kisah cinta tak semudah yang dibayangkan, karena latar belakang dan segala keterkaitan. Siapatahu, dari drama ini, kamu bisa menemukan cara untuk hidup lebih bahagia.

11. Love With Flaws
Tanggal Rilis : 27 November 2019 – 16 JanuarI 2020
Network : KBS2
Jumlah Episode : 16  (1 jam/episode)
Writer: An Shin-Yoo
Director: Oh Jin-Seok


Bagaimana jika kamu jatuh cinta pada seorang perempuan yang ternyata tidak menyukai lelaki berwajah tampan—sementara kamu diakui sebagai lelaki tampan? Lee Kang-Woo adalah seorang laki-laki tampan dari keluarga kaya-raya pemilik perusahaan makanan, yang menikmati menjadi pusat perhatian. Meski begitu, ia tak tertarik pada kisah romantis, karena masa lalu yang pahit dimana ia ditolak cinta pertamanya karena rupanya yang gendut dan jelek di masa sekolah. Karena itu, Lee Kang-Woo jadi terobsesi dengan penampilan. Dalam sebuah reuni, ia bertemu Joo Seo-Yeon (Oh Yeon-Seo), yang telah menjadi guru olahraga—yang ternyata, adalah cinta pertamanya. Namun sekarang, Joo Seo-Yeon justru tidak menyukai laki-laki berwajah tampan. Ia merasa ia mendapat banyak kesusahan karena 3 saudara laki-lakinya yang berwajah tampan.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini kocaknya ampun-ampunan, dalam adegan-adegan yang sangat menghibur dan karakter-karakter tokoh yang unik. Bukan hanya dua tokoh utama, tapi juga tokoh-tokoh pendukung lainnya. Kim Seul-Gi dalam perannya sebagai Kim Mi-Kyung, sahabat Joo Seo-Yeon, dengan persahabatan yang sedalam samudera, haha. Pun, kisah romantisnya dengan Park Hyun-Soo (Heo Jeong-Min), kawan akrab Lee Kang-Woo. Ketiga tokoh saudara laki-laki berwajah cakep dari Joo Seo-Yeon, beserta ceritanya masing-masing, pun persaudaraan mereka yang unyu meski half-brother/sister. Kakak perempuan Lee Kang-Woo, yang diperankan Hwang Woo Seul-Hye, yang mengesankan dalam penokohan yang kuat sebagai seorang perempuan pebisnis kaya-raya yang capable dan mandiri. Dan seterusnya. Banyak banget.

12. Hot Stove League
Tanggal Rilis : 13 Desember 2019 – 7 February 2020
Network : SBS
Jumlah Episode : 16 (1 jam/episode)
Writer: Lee Shin-Hwa
Director: Jung Dong-Yoon


Bagaimana sesungguhnya cara mengelola dan mempertahankan bisnis olahraga baseball di Korea? Baek Seung-Soo (Namgung Min) adalah General Manager baru untuk klub baseball profesional asal Korea, Dreams. Hanya saja, Dreams merupakan klub baseball profesional yang sudah kehilangan masa gemilang dan sekarang justru berada di rangking terakhir di liga baseball Korea. Baek Seung-Soo berkeinginan untuk membenahi Dreams. Saat itu, ia bertemu Lee Se-Young (Park Eun-Bin), Manajer Operasional Dreams, yang begitu mencintai klub baseball profesional tempatnya bekerja itu dan tidak pernah menyerah terhadap Dreams.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini sukses mengisahkan naik-turun perjuangan bisnis olahraga baseball di Korea, dengan detail, yang kebanyakan orang mungkin belum tahu. Dalam adegan dan alur cerita yang dikemas rapi dan cerdas, kerap kali haru dan tak terduga pula. Betul-betul pengetahuan baru. Meski bukan drama romantis, drama ini tak kehilangan daya tariknya karena ceritanya yang begitu seru untuk disimak. Chemistry antara Namgung Min sebagai Mr. Baek (General Manager dari klub baseball Dreams) dan Park  Eun-Bin sebagai Lee Se-Young (Manajer Operasional Dreams), juga pas sekali. Jika kamu mencari drama dengan genre berbeda, drama ini wajib kamu coba.

13. Crash Landing On You
Tanggal Rilis : 14 Desember 2019 – 9 Februari 2020
Network : tvN, Netflix
Jumlah Episode : 16 (1 jam/episode)
Writer: Park Ji-Eun
Director: Lee Jung-Hyo


Bagaimana seandainya seorang perempuan Korea Selatan tanpa sengaja karena angin topan tiba-tiba terdampar sendirian di wilayah Korea Utara? Itulah yang dialami Yoon Se-Ri (Son Ye-Jin) ketika ia mencoba paralayang untuk kegiatan perusahaan miliknya. Bingung dan panik, apalagi karena tersangkut di atas pohon sendirian di wilayah yang ia tak tahu dimana—ia kemudian bertemu Ri Jeong-Hyeok (Hyun-Bin), seorang tentara Korea Utara yang sedang bertugas mengawasi wilayah tempat Yoon Se-Ri mendarat darurat. Ri Jeong-Hyeok mencoba melindungi Yoon Se-Ri, selama ia belum berhasil pulang ke Korea Selatan. Perlahan-lahan, ia mulai jatuh cinta pada Yoon Se-Ri.


Kenapa kamu harus nonton drama ini? Karena drama ini berkisah tentang Korea Utara dan Korea Selatan, yang meskipun alurnya adalah cerita fiksi, tetap menjadi salah satu isu yang menarik untuk diangkat dan disimak dalam sebuah drama. Karena genrenya komedi-romantis, meski di beberapa adegan terlibat militer dan kemungkinan perang agak mencekam—tetap drama ini lebih banyak dibalut dalam adegan-adegan yang membuat kita senyum-senyum atau tertawa bahagia. Mungkin drama ini bisa membantu warga internasional non-Korea, pun seperti saya, untuk lebih memahami konteks situasi antar dua negara ini. Bagaimanapun, drama ini benar-benar unik dan sayang sekali jika dilewatkan.

________________________
Jadi, sudah tahu judul drama yang mana yang akan ditonton setelah ini?
Happy binge-watching!

2 comments:

  1. Tale of nokdu, abyss, crash landing on you dan extraordinary you.
    4 drama ini kesukaan banget di tahun 2019 lalu dan masih suka tonton ulang saking bapernya dengan drama-drama ini. Selain emang suka pemainnya, jalan ceritanya juga oke banget menurutku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw udah nonton banyak juga ya? Love With Flaws nonton juga? Bdw, salam kenal ya Tika! Thank you udah main-main jalan-jalan ke blog ini :)

      Delete

Powered by Blogger.