(My Very Own) 17 Personal Commandments

February 05, 2018
Belakangan ini, setelah (beberapa kali) obrol-obrol lalu tercerahkan oleh perkataan beberapa sahabat saya, saya mulai concerned perihal self-development. Bagaimanapun, tak ada manusia yang sempurna, tak terkecuali saya. Dengan keunikan (baca: kelebihan + kekurangan) masing-masing, self-development dibutuhkan untuk menajamkan diri menuju karakter yang paling maksimal untuk mencapai tujuan (hidup). Di dalamnya, saya berpikir penting pula bagi saya untuk menambahkan soal self-love, self-acceptance, dan self-appreciation. But it’s a lifelong process, and I am still on my way.

Photo by Calum MacAulay on Unsplash
Di masa-masa ini, Google menjadi best supporter yang dapat menyediakan segala sumber. Belakangan, dari Google juga, saya menemukan salah satu website seorang penulis bernama Gretchen Rubin yang menulis tentang The Happiness Project. Bagi saya, The Happiness Project ini bisa menjadi semacam salah satu upaya untuk lebih mengenali diri sendiri, yang tentu saja sangat dibutuhkan dalam proses self-development tadi.

Dalam The Happiness Project yang diusulkan Gretchen Rubin, ada salah satu tugas yang sangat menarik untuk dipraktikkan. That is to write your very own personal commandments. Penamaan aktivitas ini membuat saya teringat pada The Ten Commandments from God, di kitab suci umat yahudi dan kristiani. Saya tidak begitu paham apakah Rubin meminjamnya darisana atau tidak, yang jelas saya rasa penamaan ini agak terpisah darisana dan tugas akitvitas ini hanyalah sebagai upaya to set some principles to live your own life. Tentu, setiap orang memiliki personal commandments-nya sendiri. Bisa saja ada yang sama atau mirip, bisa saja ada yang berbeda.

Saya mencoba mempraktikkannya juga : merenung, berpikir, menulis, merevisi, meyakinkan diri. Lalu, terciptalah daftar my very own self-commandments ini. Mungkin saja seiring waktu, daftar ini akan direvisi kembali. Ada yang diganti, dilengkapi, atau dikurangi. Setidaknya, 17 self-commandments ini tampaknya cukup bagi saya saat ini.

1. Love myself, trust myself
2. Enjoy the journey
3. Carpe diem
4. Stay brave
5. Love wins
6. Focus on positive
7. This too shall pass
8. Quiet is strength
9. No judgement
10. Trust Thy intention, rest in Thy love
11. Celebrate sincere friendship
12. Comparison kills
13. Be you
14. Always respect (each) other
15. The small & simple things matter
16. Rest well, but never stop
17. Let's keep swimming

Ngomong-ngomong, angka 17 poin dalam daftar ini memang terhitung lumayan banyak. Maklum. Dalam masa-masa mengevaluasi dan mengoreksi diri sendiri, saya menemukan banyak hal yang penting untuk diberi perhatian. Saya kira, berapa jumlahnya tak terlalu masalah selama bisa menolong saya untuk merefleksikannya terus dalam kehidupan setiap hari. I hope.

Tertarik untuk mencoba menuliskan your very own self-commandments juga? :)

No comments:

Powered by Blogger.