Saturday, 27 March 2010

PIZZA HUT, HOW ARE YOU?




how are you today bestie(s)? are you alright? i hope so.
saya sebenar-benarnya kangen sekali singgah makan di Pizza Hut Sun bersama kalian semua, huhu
so fun, like this photo

TETAP KUAT


(renungan diambil dari : renungan harian SPIRIT –renew your life, refresh your spirit, and touch your heart. Sabtu, 27 Maret 2010).

Habakuk 3 : 17-19


Seorang pria Kristen telah divonis mengidap kanker ganas. Hidupnya tidak akan bisa bertahan lebih lama lagi. akhirnya pria tersebut memang meninggal karena kanker ganas tersebut. Meski demikian, orang-orang yang ada di sekitarnya menjadi sangat terharu mendengar ucapannya beberapa saat sebelum ia menghembuskan nafas terakhir. “Sekalipun kanker itu sangat ganas dan menakutkan, penyakit itu tetaplah terbatas. Kanker tidak bisa melumpuhkan kasih. Kanker tidak bisa menggerogoti jiwa. Kanker tidak bisa menghancurkan harapan. Kanker tidak bisa merusak iman. Kanker tidak bisa meruntuhkan keyakinan. Kanker tidak bisa memutuskan persahabatan. Kanker tidak bisa membungkam keberanian. Kanker tidak dapat menghilangkan sukacita. Kanker tidak bisa menahan kuasa kebangkitan.” Ucapan yang penuh dengan iman dan keyakinan di dalam Kristus!

Kedewasaan dan seberapa kuat karakter kita akan diuji oleh serangkaian masalah dan ujian hidup. Kita baru pantas disebut orang yang kuat di dalam Tuhan jika penderitaan yang kita alami tidak bisa menggoyahkan apa yang ada di dalam hidup kita. Penyakit boleh menyerang fisik kita, tetapi tidak  bisa menggerogoti jiwa kita. Berbagai masalah boleh menyerang ekonomi kita, namun jangan sampai hal tersebut memenjarakan sukacita kita. Kegagalan boleh terjadi dalam hidup kita, tapi jangan sampai itu menghancurkan pengharapan kita.

Menjadi orang Kristen bukan berarti kita kebal terhadap penyakit, masalah, penderitaan, kekurangan, kegagalan, kebangkrutan, dan problema hidup yang lain. Bahkan, ada saatnya kita merasa hidup ini tidak adil. Kita merasa hidup ini begitu pahit untuk dijalani, meski kita sudah menaruh hidup kita di tangan Tuhan. Bukankah Nabi Habakuk juga mengalami masa-masa sulit di dalam hidupnya? Pohon ara tidak berbunga, hasil pohon zaitun mengecewakan, ladang-ladang tidak menghasilkan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan. Masalah bisa menyerang kita, tapi tidak akan pernah bisa menggoyahkan keyakinan kita!


Tubuh boleh lemah, tapi jiwa dan pengharapan kita harus makin kuat.


p.s. : happy saturday!

Friday, 26 March 2010

BYE UTS, SEE YOU NEXT TERM!


Akhirnya, UTS selesai juga fiuh >_< UTS-nya berjalan lancar puji Tuhan. semingguan ini selama UTS, yaa sebagaimana semua juga lakukan :
o begadang
o berkuat melawan ngantuk! :D
o minum kopi : buat anti ngantuk *padahal gak ngaruh juga kalo aku sih hahaha :p
o belajar (ya iya masa mencangkul? :p)
o diskusi singkat bareng-bareng sebelum ujian
o minum susu (loh?) hahahaha
o berdoa :)

secara khusus ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada SOSIOLOGI UI 2009 yang semakin kompak saja :) terima kasih buat teman-teman yang sudah mau berbagi kisi-kisi dan bahan, untuk ihsan, atas contoh soal DHIP (dinamika hubungan internasional pasca ’45-nya tahun lalu... sangat ngebantu lo san buat persiapan ujian! thankss yaaa :) terus kodik untuk contoh soal hupem tahun lalunya (jadi tau bagaimana soal model ibu suwantji hehe) terus buat nunu yang ngebagiin contoh kisi-kisi soal bahasa inggris (thankss nunu).

eeh tapi sebenarnya aku itu kepingin lo mengintegrasikan angkatan kita ini soal persiapan selanjutnya : uas! hehe aku pengen bikin jadwal rutin belajar bareng, hupem misalnya hehe jadi kan kita gak kocar-kacir gini sebelum ujian, karena matkulnya kadang rada abstrak (huhu) ku rasa sih perlu 

oia dan hm hm, aku cukup merasa refresh dan seneng sih karena kemaren itu, sehabis uts, hari terakhir –kamis! sehabis hupem, kita pada karokean di venus –sebelah detos. Itu pertama kalinya aku ikutan karokean *walau gak megang mic juga hehe tapi aku ikut nyanyi kok kalo tau lagunya ;DD

itu tuh gila banget. yang paling gak bisa dilupakan di bikun, ya ampun. Kan kita dari fisip ke fkm kan ya, naik bikun rame-rame delapan belas orang apa. Chandra kalo udah ketemu satrio, abis. pasti kita pada ngakak semua :DD serasa kemaren itu bikun yang kita naikin bikun sosio deh, bukan bikun ui hahahaha XD

terus lagunya, ampuun. Kocak abis! lagu dangdut! Rhoma irama cobaaa? :D iis dahlia. Udah gitu lagunya mirastika (miras = minuman keras, tika = narkotika, jujur saya baru ngeh dan baru tau hehe), yang kata mas adit bisa mempengaruhi kondisi pergaulan zaman itu, jadi pada ngejauhin miras dan narkotika (asikk). Pengaruh media ck ck. Terus ada juga yang slow, ada the beatles-nya galuh, lagu indonesia-nya angga (karena dia yang paling ngotot minta lagu indonesia :D) sampe lagu sejenis dakocan, nyaris dinyanyikan :D

bener-bener nih sosiologi. gak nyangka bisa seperti ini juga :) inget pertama kali dikumpulin di kelas sama senior sosiologi 2007 jadinya *wuduh itu sih gak terintegrasi banget. eh emang masih belum ding. Sekarang sih lain, kita sudah saling mengukuhkan hihi :D jadi berpikir (akhir-akhir ini aku kepikiran terus sama yang namanya perpisahan...) gimana ya tiga tahun lagi? gak bisa ngebayangin lepas darisini : berpetualang di dunia kerja yang pasti tidak se-asik saat ini >_< yaudah sih, jadi sedih aah. masih lama ini. nikmati aja saat ini yoels.


oia soal UTS kembali,
I had done my part. Next : Let God takes His part. oke! semoga sukses selalu sosiologi 2009! Senang bisa bersama kalian hahaha :D
 

Thursday, 18 March 2010

SI MERAH-MERAH


haloha. long time no see! haduh saya semakin sibuk saja di kuliah ini, bayangkan saja : minggu depan mid term test dan aku masih punya tugas tiga makalah dan satu tugas riset fisipers. untungnya, hari ini, dua di antaranya sudah tereliminasi. deadline. jadi, tinggal dualah. hupem dan agama. lumayan tenang. lega. hihi :D

hari ini saya baik-baik saja dan malahan merasa amat sangat baik. hari ini presentasi SSI kelompokku puji Tuhan, lancar dan cukup disukai dosennya yippie* dan hari ini, akhirnya kita jadi juga KK yang pertama loo, dan itu asik, ketagihan :)) tapi juga ada sedikit hal yang sempat mengganjal tadi, tapi let it go lah. Tuhan masih sanggup membantuku. whatever the trouble is, sikat! hadapi! ^^

sebenarnya dalam postingan hari ini, aku ingin berbagi sesuatu : old photos --masa kejayaan si seragam merah. postingan ini dadakan sebenarnya, jadi mungkin akan diedit lagi nanti. si merah-merah, kangen juga. masa dimana bener-bener tercampur-aduk semuanya seru. gak senang seluruhnya juga sih, pasti ada duka dan perjuanganku (especially for new life) tapi si merah-merah ini tetap irreplaceable tempatnya di hatiku. aku kangen memakainyaaaa >_<



aduh jadi kangen >_< apakabar seragam ku itu yaa? sepertinya masih di dalam lemari di kamar ku, di medan hehe andaikan saja aku kemaren membawanya kesini, hm, mungkin sekarang sudah ku pakai? hahaha XD high school never endss :))


Tuesday, 9 March 2010

SUFFERING, BY MOTHER TERESA

aku menemukan bait tulisan ini suatu ketika secara tidak sengaja di dunia maya ketika sedang mencari referensi tugas MPK agama, kemarin. 8 Maret 2010, dan setelah membaca ulang kata demi kata di kamar malam itu, aku diam. it's a reflection time.

Suffering—
Pain, humiliation, sickness and failure—
is but
a kiss of Jesus.

Once I met a lady who had a terrible cancer.
She was suffering so much.
I told her,
            “Now you come so close to Jesus on the cross
            that He is kissing you.”
Then she joined hands and said,
            “Mother Teresa,
             please tell Jesus to stop kissing me.”
It was so beautiful.
She understood.


Suffering is a gift of God
a gift that makes us most Christlike.


People must not accept suffering as punishment.




                        Mother Teresa—
                                    In Words To Love By



a kiss memberikan sebuah lukisan tentang cinta, cinta Tuhan kepada manusia. penderitaan bukanlah sebuah yang selalu negatif di segala sisi. ada bagian-bagian dimana kita akan mensyukuri keberadaan penderitaan itu, karena saat itulah kita menyadari keberadaan Tuhan sebagai Yang Mahakuasa dan Maha Penyanyang.

penderitaan (dinamakan masalah, dalam bentuk yang lebih sederhana) adalah bagian dari sebuah jalan. dari Tuhan untuk mempersiapkan, agar kita bertumbuh, lebih pesat dan lebih pesat.

penderitaan (masalah) ini juga disediakan dan diizinkan Tuhan kita alami untuk mendekatkan kita kepada Tuhan yang selalu setia di segala kondisi.

Bunda Teresa benar-benar membukakan pemahaman baru kepadaku tentang arti suffering ini dalam tulisan indah ini, aku memang mengerti bahwa penderitaan (masalah) tidak selalu buruk dari segala sisi, tapi, ada point lain yang penting...

bahwa,

kadang penderitaan (masalah) adalah anugerah dan kita tidak butuh alasan lebih untuk menerimanya,


itu sebuah hadiah istimewa,
a gift that makes us most Christlike <33

thanks Mother Teresa :'))


Saturday, 6 March 2010

INTEGRASI SOSIAL

Depok city! Hari jumat dimana aku day off :3 gak ada kuliah hari ini, bisa menghela nafas sejenak setelah kocar-kacir sibuk semingguan ini hehe.  Jumat cerah, 5 Maret 2010. Hari ini keinget sama perihal kemaren, hm. integrasi sosial.

Sebenarnya terlalu sulitkah untuk merealisasikan terwujudnya sebuah integrasi sosial dalam masyarakat kita? Gak usah masyarakat deh, sebuah lingkungan, group atau komunitas kita? Apakah integrasi sosial mengenal apa yang disebut chemistry? Aku cukup buntu untuk menjawabnya -_-

Integrasi sosial ini mengingatkan ku pada kelas SSI (Sistem Sosial Indonesia) kemaren. topiknya integrasi sosial, kasus konflik ambon. Kelasnya asik. Bareng mbak ria dari departemen sosiologi :)) kita diskusi gitu tentang kasus ambon. Katanya kan konflik ambon itu konflik agama dan etnis? Tapi menurutku (dan sebagian teman-teman yang ikut bicara dalam diskusi) sebenarnya itu belum tentu hanyalah sekedar konflik agama dan etnis doang.

Suatu pemikiran yang singgah di kepalaku adalah begini, sebenarnya konflik antara orang ambon (atau non ambon) yang kristen dan islam itu bukanlah atas dasar agama. Seperti yang kemudian ditambahkan sama mbak ria, bahwa kan bukan ajaran agamanya yang dipertentangkan? Bukan soal agamanya yang dipermasalahkan kan? Tapi menurutku, ini adalah sebuah usaha untuk mempertahankan identitas aja. ini jadi seperti solidaritas (mekanik apa organik, lupa hehe) yang mengelompokkan mereka menjadi orang dalam (inside group) dan orang luar (outside group) yang ternamai orang kristen dan orang islam tadi... kembali kepada fakta yang ku percayai jika seseorang pemeluk agama memahami ajaran agamanya dengan benar, maka dia akan menolak hal-hal yang sifatnya violence seperti ini.

Ini hanyalah pemikiran sederhana, yang mungkin juga udah dipikirkan orang lain, tapi ada salah seorang teman saya yang membawa-bawa kepolitikannya dan memang, aku juga setuju kalo mungkin aja itu benar kan? ada background politik yang mendasari konflik ambon ini...

Intinya adalah aku hanya mau mempertanyakan tentang mengapa integrasi sosial susah untuk dilakukan? Sayangnya pertanyaan ini muncul di kepalaku setelah kelas SSI berakhir dan setelah aku menyadari sebuah keadaan didekatku dimana ya, memang integrasi sosial ini merupakan hal sulit untuk direalisasikan. Ku harap masih ada kesempatan lain untuk bertanya pada kaum ahli xixixi :DD

ohya, ngomong-ngomong soal integrasi, kemaren habis kelas hupem (hukum dan pembangunan guys!) sosiologi fisip ui 2009, angkatanku, ada sebuah acara yang, mengharukan! Aku gak bisa cerita disini. mungkin itu hanya akan ku ceritakan dalam blog offleen ku (hehe) tapi yang jelas, aku kepingin bilang sesuatu :


aku semakin betah di sosiologi ini (memang udah betah soalnya hehe) dan percaya, keberadaan setiap kami disini adalah sebuah rencana dari Yang Di Atas. Sedikitpun aku tidak pernah menyesali aku masuk sosiologi walaupun banyak orang mempertanyakan kepadaku, kenapa ke sosiologi dan etc etc. sederhannya, kembali ke pertanyaan : emangnya asik kalo di indonesia ini semua orang jadi dokter? Emang asik kalo semua orang akuntan? Semua hakim? Semua jurusan, semua pekerjaan, dan semua identitas sebenarnya saling melengkapi.

Kembali ke sosiologi fisip ui 2009 -ku: aku setuju banget sama statusnya fasya tadi malam...

“my sosiomily, the second family in my heart...”

sosiologi ini memang udah seperti keluarga buat kami, ku rasa pribadi. Buatku. Tapi mungkin keluarga ketiga ya, soalnya keluarga kedua udah ada cjeig dan sahabat-sahabatku hehe tapi yang jelas, sosiologi ini bisa membuatku betah di depok. keep kompak guys! semoga nanti, tiga tahun lagi, kita bisa lulus bersama-sama semuanya, amin :)) sekali lagi mau bilang : i am proud to be one of the sociology fisip ui! <33

Monday, 1 March 2010

PDPT FISIPERS

mau cerita tentang PDPT FISIPERS! 27-28 Februari 2010 kemaren :) jadi akhirnya kami ikutan PDPT (Pelatihan Dasar Pers Terpadu) FISIPERS juga kemaren di kampus FISIP UI tercinta =D PDPT nya dimulai dengan briefing hari kamis sore di ruang fisipers. Disitu kita dikasitau barang-barang yang mesti kita bawa, dan bagi kelompok! (soal kelompok ini bakalan aku kasitau nanti okee hehe)

ohya sebelumnya, bagi yang belum tau, FISIPERS itu organisasi pers-nya FISIP UI :3 jadi PDPT ini merupakan serangkaian urutan penerimaan canggaru FISIPERS (calon anggota baru fisipers)

PDPT nya dimulai jam empat sore sabtu itu dan berakhir jam satu siang besok minggunya. Banyak hal yang kita lalui di PDPT kemaren yang jelas asikk :3 jadi jam dua sebenarnya kelompok kita udah ngerencanain ngumpul buat ngebenerin yelyel kan ya, tapi aku ada acara yang tidak bisa dikesampingkan juga. yup. Try out maker : kunjungan rumah sakit ke RSCM cikini. Jam dua itu aku masih di stasiun manggarai menunggu kereta selanjutnya ke depok dan tengah tiga, baru ada yang ekspress AC. Jam tigaan nyampe depok langsung hebooh : ngelanjutin packing (karena baju masih di laundry beberapa hehe), siap-siap, ganti baju, beberes dan segala macemnya sampai hujan dan aku berangkat ngampus.

Ternyata memang teman-teman sekelompokku, kelompok enem, udah nyampe di kampus dan sedang latihan di dekat AJB gedung F. Aku dengan kuyelnya (hujan-hujanan, keringetan, panik dan sesak nafas sangkin buru-burunya) mencoba bergabung. Akhirnya perlahan tapi pasti, aku bisa ngikutin gerakan dan yelyel mereka (yeaay!) tinggal kak tangkas (sosio 08) yang masih belum datang...

Jam empat kita ngumpul di sekber dan berbincang mengenai next acaranya kaan, pemberitahuan kalo yang cewek tidur di sekber dan yang cowok tidurnya di yongma. Dan kamar mandi, silahkan menggunakan kamar mandi takor (ini yang rada hm hm). terus soal jadwal, soal kapan yelyel dikumandangkan (jahahaha) sama yang lain-lain deh pokoknya. Terus setelah ngumpul, kita masih dikasih waktu buat ishoma dan latihan yelyel, sebelum jam tujuh ngumpul di AJB buat aksi pertunjukkan :DD

Oke, jadi kelompok enam kita itu cukup asik buatku (hihi...) karena kita seimbang juga sih antara cowok dan ceweknya. Maksudku, ketika di enam kelompok lain didominasi cewek atau didominasi cowok, ada juga yang cewek semua malah, nah di kelompok kita itu pas banget : tiga cowok dan tiga cewek :DD

Let me introduce them to you guys! jadi kelompok enam kita dinamai gandul sama bintang cs (gak tau kenapa...), dibimbing sama kak indah (kadiv humas fisipers) dan terdiri dari (jeng jeng) :
Saya sendiri*
Bintang (adm 09)
Sapta dwi putri (sosio 09)
Kak Tangkas (sosio 08)
–ya saya tau di kelompok saya anak sosio nya sedikit berlebihan hahahaha :pp
Dita (komunikasi 09) sama
Prio Tanto (kessos 09)

Yelyel kita itu lumayan kocak. Dibikin oleh bintang dengan improvisasi dari semua, ada gerakan aneh gitu tapi enjoy aja sih ngegayain nya hahahaha...

Begini nih yelyelnya :

Kelompok gandul (tepuk tangan) Kak indah cantik (tepuk tangan)
Kelompok gandul (tepuk tangan) Kak indah cantik (tepuk tangan)
Kami dari gandul
(gaya keren versi masing-masing)
Lo tau gak kenapa dinamain gandul
Tanya bapak lo!
(agak gak penting memang maaf hahaha tapi kalo kalian liat kita gayain ini, ini kocak, serius)

Terus perkenalan gitu kaan...
Bederet deret. Bintang memperkenalkan dita memperkenalkan sapta memperkenalkan kak tangkas memperkenalkan saya dan saya memperkenalkan prio tanto,
Kemudian
Kita semua memperkenalkan bintang.

Terus nyanyi begini nih...
(nada iklan susu coklat bendera)

*kami kelompok gandul*
*pdpt fisipers*yuli bintang dan sapta*dita prio dan tangkas*
*Kelompok gandul hebat dashyat*di-LO-in kak indah*
*kami kelompok gandul*nikmat*(sluurpp)*
*hingga babak terakhir*

*kelompok gandul untuk FISIPERS!*
*go go FISIPERS go!*
(ctook!)

Aku tau seharusnya yelyel ini kami rekam!!! aaah sayang banget deh! padahal kocak! Apalagi kita punya gaya pas bilang kata “gandul”
Hard to explain disini guys,
Tapi kocak!
Sungguh! :DDD

Dan puji Tuhan nya, latihan kita ini tidak sia-sia. Kita juara runner-up buat lomba yelyel setelah kelompoknya adry, es tung tung yang beneran kocak dan siap banget. malah pake selendangan gitu hho :3 Hadiahnya? Ini *hihi...


Hanya makanan ringan yang bisa buat berbagi tapi rasanya quite enough lah :DD aku jadi inget kelompok PDKT BEM FISIP UI ku kemaren deh jadinya (bersama affin, lukman, indah, dan sandi serta di-LO-in sama kak angga dan kak hanna), runner-up juga. kelompok terbaik. Dan kita dapat tiket makan gratis sate gajah di stasiun ui cuma belom direalisasikan sampe sekarang ahahahaha... yang penting asiknya aja deh hehe

Sayangnya, kita kelompok gandul, belum sempat berfoto bareng, jadi gak bisa ngasitunjuk disini deh siapa gandul. yaudah sih, doain aja kebersamaan di FISIPERS-nya masih lama amin :))

Itu salah satu yang unforgettable sih. Tapi masih ada yang lain. Ada acara games, cukup banyak yang seru. Kayak sebelum tidur sabtu malam itu, main games di dekat teater kolam fisip ui : games lilin. Jadi kita berusaha mempertahankan lilin kita supaya gak mati dan sekaligus berusaha mematiin lilin orang lain hehe

Ada juga pelatihan persnya dong, sabtu malam sebelum games. ada dua pembicara yang profesional dan kompeten (tapi ruangan AJB nya dingin buseet, mana aku belum 100% pulih dari sakit huhu) tapi asik loh :) terus ada acara senam pagi yang aduh lucu deh, rapat per divisi, dan terakhir, acara simulasi jualan buletin fisipers pin ui dan kaos ui! jadi perkelompok gitukan, dan kita mesti jualan, di areal ui yang luas minta ampun, cuma kan minggu, ya rada sepilah kaaan... nah disini nih serunya lagi :3

Jadi kita kan di-suggest kak indah pergi ke PSJ (Pusat Studi Jepang Ui) yang ada di FIB UI sebelah FISIP. Karena kalo hoki, ada aja yang syuting film disitu, bisa jualan baju deh hehe tapi ternyata sepi *how poor we are huhu tapi kita ketemu bule. Bule arabian! Dia beli pin dua, dan itu cukup kita jual dengan lumayan hehe gak bisa ngomong bahasa indonesia (doi bilang bisanya ngomong arab! Ya kita mana bisalah hahaha) jadi si mister sedang S2 apa S3 gitu di UI. terus ada sekelumit percakapan lagi yang, gak usah di-publish disini deh :DD Kemudian terakhir, sebelum pulang, foto-foto! dan, ohya! Diajarin yelyel-nya FISIPERS! (yang kocak-cak-cak ck ck ;)

Pengalaman baru benar-benar baru : (1). Tidur ramerame pertama kalinya di sekber FISIP UI  (2). Menjadikan toilet takor sebagai kamar mandi yang seharusnya dipake buat mandi juga minggu pagi itu *tapi kita pada gak mandi hehe  (3). Jualan buletin di areal ui : ketemu bule arabian


Pengalaman asik! Beneran enjoy =D apalagi seniornya kocak-kocak waaah jadi merasa kurang lama PDPT-nya hehe ohya, selanjutnya kami bakalan dapat tugas magang nih bikin terbitan pertama kami, pray for us yaa :))