“Ku Adalah Anak-Mu”—Album Baru Hillsong Dalam Bahasa Indonesia

March 31, 2019

Di penghujung bulan Maret 2019, Hillsong resmi merilis Hillsong Dalam Bahasa Indonesia—dalam album EP (Extended Play) yang berjudul Ku Adalah Anak-Mu. Terinspirasi oleh konser Hillsong Worship yang ke-26, album Ku Adalah Anak-Mu ini merupakan proyek rekaman Hillsong, dalam Bahasa Indonesia, pastinya untuk para pendengar di Indonesia yang berbahasa Indonesia.


Hillsong Dalam Bahasa Indonesia sendiri lahir dari kerinduan Hillsong Music untuk menciptakan musik yang bergaung dari desa-desa dan suku-suku, ke kota-kota besar dan negara-negara, untuk mengundang lebih banyak orang mengalami hubungan yang lebih intim dengan Yesus Kristus. Hillsong berharap dan berdoa, proyek Hillsong Dalam Bahasa Indonesia ini bisa menjadi berkat untuk para individu dan gereja-gereja, ketika mereka menyembah Yesus Kristus dalam roh dan kebenaran.

Ada enam lagu dalam album EP Ku Adalah Anak-Mu dari Hillsong Dalam Bahasa Indonesia, kesemuanya merupakan versi terjemahan dari lagu-lagu Hillsong dalam bahasa asli, bahasa Inggris.

Dalam versi bahasa Inggris, Who You Say I Am

Dalam versi bahasa Inggris, God So Loved

Dalam versi bahasa Inggris, New Wine

Dalam versi bahasa Inggris, Be Still

5. Sungguh Indah Nama-Mu
Dalam versi bahasa Inggris, What A Beatiful Name

6. Ku Juga (Bermilyar X)
Dalam versi bahasa Inggris, So Will I (100 Billion X)

Mendengarkan lagu-lagu Hillsong, dalam bahasa ibu sendiri, menjadi pengalaman yang unik dan berbeda. Meskipun secara pribadi, saya merasa lagu-lagu terjemahan memang memiliki keterbatasannya sendiri—dibandingkan lirik lagu asli, sehingga ada baiknya untuk mendengarkan juga lirik lagu dalam bahasa asli. Tetap, lagu-lagu Hillsong yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki kedalaman makna lirik yang sama dengan Hillsong dalam bahasa Inggris. Pun, dapat dinikmati oleh para pendengar yang lebih akrab dengan Bahasa Indonesia.


Lagu Anggur Baru adalah lagu yang paling favorit untuk saya di album EP ini. Berjudul New Wine dalam versi bahasa Inggris, lagu ini bermakna dalam sekali, pun secara teologis. Mengingatkan saya akan Matius 9:17, kisah tentang pembaharuan. Bahwa dalam setiap proses kehidupan yang sulit dan berat yang sedang kita hadapi, Tuhan sedang membuat (memberi) anggur yang baru.


So I yield to you, into your careful hand
When I trust you, I don’t need to understand

Dalam tangan-Mu, ku’srahkan hidupku
Tak ku pertanyakan rencana-Mu

— Hillsong Worship, Anggur Baru (New Wine)


Lagu Anggur Baru bagi saya seperti sebuah doa yang sangat menyentuh, dalam menghadapi masa-masa penderitaan. Tidak mudah menyanyikan lagu ini ketika mengingat kesulitan dan kesusahan yang sedang kita alami, tetapi jika kita telah berhasil menyanyikannya, ada rasa damai yang memenuhi hati. Saya pikir, ini sama seperti penyerahan diri kepada (rencana) Tuhan: dalam kemanusiawian kita, memang sulit dan menantang untuk dilakukan, tetapi pasti membawa damai sejahtera.

Kumpulan lagu dalam EP ini berirama lembut, pas sekali untuk menemani dalam waktu-waktu teduh, baik secara individual maupun berkelompok. Musik Hillsong dalam album EP ini juga cocok untuk segala kelompok usia, baik muda maupun tua. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu dalam album EP ini di aplikasi Spotify atau di YouTube Channel Hillsong Dalam Bahasa Indonesia.

Selamat menikmati musik-musik Hillsong Dalam Bahasa Indonesia!

No comments:

Powered by Blogger.