2009-2019: 10 Tahun Perjalanan Menulis di Blog Ini

March 09, 2019

Tidak terasa, sudah sepuluh tahun, saya menempuh perjalanan untuk menulis di blog ini. 2009 sudah berlalu sepuluh tahun lalu, kali pertama saya memutuskan untuk memulai blog ini. Waktu itu, koneksi internet belum sebebas sekarang dengan akses wifi sudah semudah itu mencapai rumah-rumah dan smartphone belum memasuki era keterkenalannya. Waktu itu, saya juga masih mahasiswa semester pertama, baru saja lulus dan melepas seragam sekolah. Baru tujuh belas tahun. Sekarang, saya sudah mau menyambut usia kepala tiga. Time flies.

Photo by Corinne Kutz on Unsplash

Sepuluh tahun ini, banyak pula yang sudah berubah dari blog, rumah online saya ini.

1. Desain Template
Sudah pasti, mengingat saya juga tidak seloyal itu terhadap satu desain tertentu. Kecuali font huruf. Saya susah move on dari ukuran font huruf yang tidak besar—untuk konten tulisan. Sama seperti jika saya menulis langsung dengan pena, saya juga menyukai font berukuran kecil-kecil. Entah sudah berapa kali saya mengganti desain blog ini dalam sepuluh tahun perjalanan—meski memang tak sesering itu juga. Sayang, saya tidak punya screenshot tampilan dulu-dulu, apalagi yang paling jadul di kali pertama.

2. Nama Blog
Nama blog saya yang sekarang tidak lagi sama seperti di awal sepuluh tahun lalu saya memulai blog ini. Awalnya, blog ini berjudul Live In Hope—sebuah judul yang sebenarnya banyak disukai teman-teman saya yang membaca. Namun, belakangan saya tak lagi sreg dengan judul “sepositif” itu. Saya akhirnya mengganti judul blog ini menjadi Twists & Turns, sebuah judul yang menjadi salah satu upaya saya mengakui bahwa hidup perlu seimbang, tidak selalu menyenangkan dan bisa ditebak sepasti itu. Jadi, selama sepuluh tahun ini, nama blog saya memang sudah berganti sekali, menyesuaikan dengan perenungan perjalanan hidup, yang banyak saya bagikan disini. Apakah akan berganti lagi? Tergantung nanti :)

3. Gaya Menulis
Ini yang amat-sangat kentara. Gaya menulis ini memang sangat berubah, bandingkan saja tulisan pertama blog ini dan tulisan terakhirnya (haha). Sepuluh tahun lalu, dari yang remaja banget dan curcol seadanya, sampai yang mulai serius, karena sudah memikirkan tema dan ide tulisan (sekalian berpikir bahwa blog ini adalah ruang portfolio saya juga sebagai content writer). Tulisan sepuluh tahun lalu yang lalu, benar-benar membuat berpikir “ya ampun, dulu kenapa bisa nulis seperti ini sih disini”. Ya, tapi waktu itu, semua teman-teman saya yang adalah blogger juga menulis seperti itu, ya sudah, hahaha.

4. Konsep Blog
Karena awalnya, blog ini dimulai tanpa rencana. Belakangan, meski saya juga masih belum berencana membuat blog ini menjadi penghasil profit—saya mulai mempertimbangkan dan memilih apa-apa saja yang sebaiknya saya tulis di dalam blog ini. Konsep blog ini jelas berubah, dari yang tiada konsep sampai berpikir dan menetapkan bahwa blog ini adalah semacam ruang bercerita (meski saya memutuskan jangan sampai ada lagi curcol semata yang tak berfaedah), yang akan menjadi salah satu rekam jejak hidup saya.

5. Tentang Apa Yang Dituliskan
Jika saya membolak-balik tulisan-tulisan lalu, ini juga berubah. Awalnya, karena blog ini memang benar-benar sekedar media katarsis tanpa konsep, saya benar-benar bercerita selepas itu tentang keseharian saya. Cerita perkuliahan, karena 2009 saya memulai kehidupan sebagai mahasiswa. Lalu, apa yang dituliskan juga berubah seturut perjalanan saya. Lulus, bekerja. Atau bahkan meluas juga, tentang apa-apa saja yang menarik bagi saya dan menarik untuk dibagikan kepada orang lain. Musik, buku, film—termasuk juga.

6. Alamat Blog
Setelah pertimbangan yang cukup panjang, saya akhirnya memutuskan untuk mengganti alamat blog saya di tahun 2019 ini. Sebenarnya saya ingin menggantinya bersamaan dengan saya mengganti nama blog menjadi Twists & Turns. Alamat blog yang lama, sejak sepuluh tahun lalu, juga sangat positif dan naif, sama seperti judul Live In Hope itu : www.ahopeapathafuture.blogspot.com. Saya merasa bosan dan akhirnya, karena blog ini adalah rumah online saya, sekaligus ruang portfolio tulisan saya, saya menggantinya menjadi sangat formal dengan nama saya.

_____________________

2009-2019, 10 years of blogging. Sejauh ini, ada sekitar 280 tulisan yang published di blog ini, dengan 119 tulisan yang tersimpan di dalam draft (baik yang pernah dipublikasi tapi kemudian saya putuskan untuk "menyimpannya" kembali ataupun beberapa tulisan yang belum selesai dan tertinggal). Ternyata cukup banyak juga cerita yang saya bagikan selama ini.

Selamat sepuluh tahun! Saya berbahagia menyadari bahwa saya telah berproses begitu banyak bersama blog ini, melalui tahun-tahun yang berlika-liku, tak selalu mudah (bahkan untuk menulis). Semoga saya masih bisa bersabar dengan proses pribadi, untuk terus menulis (yang lagi-lagi sungguh tidak mudah, meski sekedar menulis tulisan katarsis), di dalam blog ini. Semoga sepuluh tahun lagi dari saat ini, jika saya masih hidup, saya masih bisa menuliskan tulisan reflektif seperti ini lagi.

Selamat berproses, yuls.

No comments:

Powered by Blogger.