BUONGIORNO! BELAJAR BAHASA ITALIA :)

July 11, 2010
Buongiorno*! Sudah lebih seminggu saya berada di medan buat liburan dan inilah salah satu kegiatan saya yang mulai saya tekuni akhir-akhir ini ♥

(maaf fellas, akibat ogah dadakan mentransfer data dari gallery kamera hape dengan usb ke laptop, saya maksa foto bukunya pake webcam lappy, hehe nanti diganti yaaa)

Bahasa Italia! :)

Kebetulan yang menyenangkan ketika menemukan buku panduan pemula buat belajar bahasa italy di gramedia margonda raya depok awal juni lalu dan kamus bahasa indonesia-italy di gramedia gajah mada medan kamis lalu (thanks God! :) buku-buku inilah akhirnya yang saya pakai buat belajar. otodidak, hehe soalnya belum ada juga tempat les bahasa italy di indonesia kan? (atau sudah ada?) ya setidaknya setau saya, di medan belum ada :)

Bahasa italy ini unik lo. Ternyata di dalam bahasa italy, setiap benda diberi label “feminin” atau “maskulin”. Istilahnya ya, dibeli label gender. Jika maskulin biasanya ditandai dengan huruf terakhir kata tersebut yang diakhiri dengan huruf “o” sedangkan untuk yang feminin diakhiri dengan huruf “a”. walaupun, ada juga beberapa kata benda yang berakhiran huruf vokal lain. Misalnya,

kucing = il gatto (termasuk maskulin).
air = l’acqua (termasuk feminin).

Ada beberapa tambahan aturan tata bahasa lagi mengenai kata benda, tetapi ada yang unik lainnya di dalam aturan kata kerjanya. Dalam bahasa italy, kata kerja akan “berubah” –seperti seolah menyesuaikan diri sesuai dengan subjeknya. Misalnya,

dormire (tidur)
untuk subjek saya, menjadi dormo
untuk subjek kamu, menjadi dormi
untuk subjek dia, menjadi dorme
untuk subjek kita, menjadi dormiamo
untuk subjek kalian, menjadi dormite
untuk subjek mereka, menjadi dormono

dalam kalimat misalnya, dormi sempre con la bambola (kamu selalu tidur dengan boneka), gianluca dorma con il suo fratello (gianluca tidur dengan abangnya), atau dormono senza la coperta (mereka tidur tanpa selimut). Jadi subjek tidak perlu disebut lagi, karena seolah sudah diwakilkan pada kata kerja (kecuali yang menyebut nama orang). Unik kan? :D

diawali dari FIFA World Cup 2006 sampai sederet hal lainnya, saya memang memiliki banyak ketertarikan kepada negara italy ini :) dan inilah aktivitas saya di bulan juli ini –belajar otodidak bahasa italy. tetapi tentu, ini tidak akan menekan rasa nasionalisme saya terhadap indonesia :D bagaimanapun keadaan negara kita saat ini, tindakan bijak paling gampang yang dapat dilakukan seorang warga negara adalah tetap berpikir optimis dan tidak skeptis terhadap perubahan kedepan. Bukan malah cuma bisa tertawa terhadap jokes yang menjelekan dan menghina nama bangsa sendiri kan ;)


sekian untuk hari ini. semoga info ini bermanfaat.  selamat masuk sekolah dan semangat ya buat yang sudah masuk sekolah lagi senin besok (hoho). arrivederci*, people :)



p.s. :

boungiorno = selamat pagi. arrivederci = sampai jumpa.
bahan rujukan tulisan ini : buku “Belajar Bahasa Italy  untuk Pemula” karya Emy D. Lestari. 2008. Penerbit Pustaka Widyatama, Yogyakarta.

No comments:

Powered by Blogger.