7 Tips Sederhana Untuk Merayakan World Introvert Day

January 02, 2020

Tahukah kamu bahwa tanggal 2 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai World Introvert Day atau Hari Introvert Sedunia? Mungkin kamu tertegun sejenak, “Oh ada ya hari seperti itu? Untuk para introvert?”—nyatanya, ya betul-betul ada. Namun, tunggu dulu. Meski ini adalah hari ‘peringatan’—jangan bayangkan para introvert akan berkumpul bersama dan merayakan bersama-sama. Jika kamu adalah seorang introvert, kamu akan memahami, betapa Hari Introvert Sedunia justru diciptakan untuk memberi ruang bagi para introvert untuk merayakan their quiet me-time, alone. Ya, perayaan Hari Introvert Sedunia dirayakan masing-masing, hanya butuh seorang introvert dan dirinya sendiri, tenggelam dalam waktu me-time berkualitas. Kalau kamu seorang introvert, kamu pasti sudah berkata hal yang sama dengan saya : oh, it’s very cool!

Photo by bruce mars on Unsplash

Nyatanya memang introversion masih belum begitu dipahami secara empatik oleh banyak orang di dunia. Seperti kata Susan Cain dalam bukunya The Power of Introverts, dunia yang kita tinggali ini sepertinya ‘dirancang’ untuk para extrovert, sebuah dunia yang sibuk dan penuh huru-hara, yang jarang memberi tempat pada ketenangan dan kesendirian. Dua hal yang esensial sekali bagi para introvert untuk mengisi-ulang energinya. Bicara soal energi, di poin inilah yang sering luput dipahami kebanyakan orang—bahwa introvert dan extrovert “berbeda” bukan soal “terlihat” pendiam atau banyak bicara. Introvert dan extrovert “berbeda” dalam cara mereka mengisi-ulang energinya: ketika extrovert mengisi-ulang energi mereka dengan berkumpul dan bersosialisasi dengan orang lain, kebalikannya bagi para introvert yang membutuhkan waktu untuk tenang dan sendirian.

Berikut beberapa tips untuk merayakan World Introvert Day atau Hari Introvert Sedunia.

1. It’s your day! Matikan semua alat komunikasi supaya kamu bisa fokus pada diri sendiri.
Saatnya fokus pada dirimu sendiri hari ini. Social media break. Log-out dari semua akun sosial media dulu, atau bahkan deaktivisasi sementara. Matikan semua alat komunikasi, termasuk smartphone-mu. Dedikasikan waktu hari ini untuk menjeda diri dari sosialisasi yang menghabiskan banyak energi. Ini hari dimana kamu bebas untuk mengisi-ulang energi.

2. Mengejar kenyamanan versi kamu: kamar, baju apalagi.
Meskipun tidak ada larangan untuk pergi keluar rumah di Hari Introvert Sedunia, banyak introvert pasti setuju bahwa pilihan terbaik untuk menghabiskan hari ini adalah dengan tinggal diam dan tenang di dalam rumah. Karena itu, jadilah senyaman yang kamu bisa hari ini. Bereskan kamarmu supaya kamu makin betah berlama-lama, jangan lupa kenakan baju yang nyaman untuk bisa menikmati hari ini. Kalau perlu, luangkan waktu untuk mandi berkualitas hari ini.

3. Waktunya film & drama, binge-watching! Jangan lupa, es cokelat dan snack.
Kalau kamu penggemar film dan drama, selamat binge-watching hari ini! Coba diingat-ingat lagi, kira-kira apa saja judul film dan drama yang ingin sekali kamu tonton tapi belum sempat menonton selama ini? Go for it today! Supaya lebih lengkap, jangan lupa sedia minuman dan makanan pendamping juga dong. Es cokelat pas sekali untuk mengademkan isi kepala dan isi hati lho.

4. Tenggelam dalam buku-buku, dengan alunan musik kesukaanmu.
Kalau kamu penggemar buku, hari ini kamu bisa sepuasnya membaca buku-buku yang masih terlantar belum sempat disentuh di rak bukumu. Temukan pojok paling nyaman di rumah atau kamarmu, ambil bantal paling empuk untuk punggungmu, dan putar musik kesukaanmu untuk menambah kenikmatan suasana membaca. Sempurna ya?

5. Lakukan hobi yang selama ini terlupa. Enjoy it to the fullest and to the max, oh yeah!
Atau kalau kamu punya hobi-hobi lain yang selama ini terlupa karena ruwetnya hari-hari dan urusanmu di luar rumah, chill. Kamu bisa kembali mengakrabi hobi-hobimu itu hari ini. Menggambar sketsa, desain atau komik? Merajut atau menjahit? Melukis? Menyanyi? Bermain musik? Bercocok tanam? Apapun yang kamu suka, bisa kamu kerjakan hari ini.

6. Menulis isi pemikiran dan refleksimu di lembar jurnal.
Hari ini bisa juga kamu isi dengan mengambil waktu refleksi. Kamu bisa membuka kembali jurnalmu dan menuangkan isi pikiran dan refleksimu di dalamnya. Waktu-waktu tenang sendirian seperti ini, biasanya jadi lebih fokus dan konsentrasi kan? Manfaatkan untuk tidak kehilangan hal-hal berharga dalam pikiran reflektif kamu ya.

7. Tidur sepuasnya dengan damai ditemani oleh kucing-kucingmu.
Tidak sekedar catnap bersama kucing-kucingmu, hari ini kamu bisa tidur sepuasnya. Semacam balas dendam jika kamu memang belakangan sudah terlalu lelah dengan urusan di luar rumah atau kekurangan jam tidur berkualitas. Tidur di dekat kucing-kucingmu bisa membantu, karena percayalah, bahwa kucing adalah role model paling dijunjung untuk kemampuannya bersantai dan relaksasi. Melihat mereka menggulung badannya dan tidur nyenyak saja sudah merupakan sebuah kebahagiaan yang membuat kita bisa lebih santai.

_________________________
Sebelumnya, ketujuh tips di atas mungkin akan lebih cocok untuk para introvert yang masih single, tanpa ikatan komitmen pacaran apalagi pernikahan dengan anak-anak yang masih kecil yang harus diurus. Untuk para introvert yang mungkin sedang terikat komitmen relasional, pacaran atau pernikahan (dengan belum adanya anak-anak), kamu bisa mengkomunikasikan kepada pasanganmu jika kamu mau mengambil waktu me-time merayakan World Introvert Day hari ini. Kalau pasanganmu adalah seorang introvert juga, wah selamat. Kamu bisa menikmati hari ini dalam ketenangan yang hakiki, santai bersama-sama tanpa harus banyak ba-bi-bu.

Jadi, apa rencanamu untuk merayakan World Introvert Day bersama dirimu sendiri hari ini? Semoga harimu hari ini, penuh ketenangan dan kebahagiaan sendirian. Happy World Introvert Day.

No comments:

Powered by Blogger.