Selain Instagram, 7 Aplikasi Ini Berfaedah Untuk Waktu Luangmu

May 01, 2019

Waktu luangmu habis karena kebanyakan main Instagram? Kamu gak sendirian kok, rata-rata generasi milenial sepertinya mengalami ini. Beberapa di antaranya, termasuk saya juga dulu, kadangkala merasa lah, gue ngapain aja daritadi, setelah waktu habis scrolling di Instagram, tanpa tujuan tertentu. Tentu, bukannya berarti Instagram tidak memiliki faedah—salah banget. Banyak manfaat bisa kita dapatkan dari Instagram, selama kita mem-follow akun-akun yang tepat dan bermedia-sosial dengan bijak.

Photo by Yura Fresh on Unsplash

Tapi kamu perlu tahu, ada juga lho aplikasi-aplikasi lain yang bisa mengisi waktu luangmu, yang gak kalah berfaedah dari Instagram. Aplikasi-aplikasi ini, di era smartphone yang canggih sekarang, bisa membantu kita melakukan dan menikmati hobi secara lebih efektif dan efisien.

Berikut tujuh aplikasi untuk smartphone kamu, untuk waktu luang yang lebih berfaedah.

1. Membaca Buku di Media365 Book Reader


Hobi membaca buku? Aplikasi Media365 Book Reader memberikan kemudahan bagi kamu membawa buku kemana-mana dan membaca buku dimanapun, ya dalam versi e-book. Aplikasi Media365 Book Reader menyediakan tampilan seperti rak perpustakan, untuk koleksi e-book kamu. Kamu juga bisa membuat kumpulan rak khusus untuk genre buku tertentu di fitur collection. Media365 Book Reader juga menyediakan bookmark digital yang bisa kamu pakai menandai halaman buku lho.


2. Mendengarkan ide-ide baru di TED


Bagi kamu yang suka mendengarkan ide-ide baru dari beragam orang, tentang berbagai hal, kamu akan senang dan betah menjelajah TED. Di aplikasi ini, kamu bisa memiliki list sendiri di akun kamu untuk video-video yang sudah kamu tonton, sudah kamu download, ingin kamu tonton, dan yang kamu sukai. Aplikasi TED juga memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengakses video-video TED terbaru, trending, yang paling banyak ditonton, dan video-video istimewa di hidden gems. Tak lupa, kamu juga bisa mengakses banyak playlist khusus sesuai tema tertentu yang sudah disiapkan oleh tim TED.


3. Mengeksplorasi ide & gambar di Pinterest


Untuk kamu yang suka hal-hal kreatif, Pinterest akan menjadi aplikasi yang bikin kamu betah scrolling dan klak-klik berjam-jam. Atau juga ingin mengeksplorasi gambar dengan tema tertentu, bisa juga. Saya biasanya banyak mengeksplorasi gambar-gambar kucing di aplikasi ini. Di Pinterest, kamu bisa mendapatkan begitu banyak ide tentang beragam hal yang disajikan dengan gambar—pun terhubung dengan link artikel di website yang menyediakan informasi lebih lengkap. Untuk hobi DIY Craft kamu, untuk dekorasi wedding kamu, untuk self-care ideas kamu, banyak sekali. Kamu bisa mengunduh beberapa gambar atau menyimpannya di dalam koleksi board di akunmu.


4. Menulis-Menggambar di S-Note


Menulis-menggambar dengan pen elektronik juga gak kalah seru dengan menulis-menggambar dengan pulpen atau alat tulis biasa non-elektronik. Lebih ringkes, jelas, karena semuanya—dari berbagai jenis alat tulis sampai catatannya—tersimpan di dalam memori aplikasi dalam smartphone kita. Aplikasi S-Note sendiri memang adalah aplikasi khusus untuk smartphone dari Samsung, yang dilengkapi dengan S-Pen. Dengan aplikasi ini, biasanya saya dimudahkan untuk mencatat ide-ide tulisan baru (apalagi sedang tidak membawa catatan manual ketika di luar rumah) atau membuat jadwal kegiatan. Aplikasi S-Note juga memberikan tampilan seperti kumpulan buku-buku catatan, dengan berbagai halaman dapat ditambahkan di dalamnya. Berbagai jenis alat tulis bisa dipilih (dari pensil, pena kaligrafi, stabilo, dan lain-lain), dalam berbagai warna dan ketebalan, bisa pula menyisipkan berbagai media lain seperti gambar, video, peta dan rekaman suara.


5. Merencanakan di Google Tasks


Jika kamu senang perencanaan mendetail seperti saya, kamu pasti senang dengan aplikasi Google Tasks dari Google. Aplikasi Google Tasks memberikan kita kemudahan untuk menyusun daftar untuk berbagai hal atau tugas. Terhubung ke akun Gmail, aplikasi Google Tasks ini memungkinkan kita untuk memiliki lebih dari satu daftar (list) dan menambahkan tanggal untuk setiap tugas. Jika sudah selesai, kita tinggal mengklik dan hal tersebut akan dipindah ke daftar completed di paling bawah setiap list. Ringkas, sederhana, tapi jelas memudahkan.


6. Mendengarkan lagu di Spotify


Saat ini, mendengarkan lagu jadi lebih mudah semenjak ada aplikasi Spotify di smartphone. Berbagai lagu bisa langsung kamu akses di dalam aplikasi ini, secara online. Kamu bisa juga mendownload lagu untuk didengarkan dalam versi offline, setelah membeli versi premium. Tidak hanya lagu, Spotify juga menyediakan podcast, dari berbagai influencer dalam berbagai topik, yang bisa kamu dengarkan. Dalam akunmu, Spotify memungkinkan kamu untuk membuat playlist-mu sendiri, termasuk menyimpan album kesukaan atau mengikuti playlist atau musisi yang kamu sukai. Hampir semua anak muda saat ini sudah punya aplikasi Spotify di smartphone-nya, kamu sudah belum?


7. Membaca komik di LINE Webtoon


Hobi membaca komik? Di perkembangan zaman seperti saat ini, komik online atau webtoon juga memudahkan kita untuk dapat membaca komik, dimana saja dan kapan saja. Aplikasi LINE Webtoon dari Naver & LINE pas sekali untuk para penyuka komik. Aplikasi LINE Webtoon menyediakan begitu banyak komik dalam berbagai genre, kamu tinggal pilih saja mana webtoon yang menarik buat kamu. Klik subscribe, dan webtoon tersebut sudah ditambahkan dalam list akunmu. Webtoon dalam aplikasi LINE Webtoons ini juga tidak hanya dari luar negeri saja, tetapi ada juga lho yang karya anak bangsa.

______________________

Seiring perkembangan teknologi yang makin pesat saat ini, tentu akan lebih banyak aplikasi yang berfaedah ke depannya. Tujuh aplikasi dalam daftar ini tentu hanya sebagian kecil dari sekian banyak aplikasi yang berfaedah. Kalau kamu memiliki rekomendasi aplikasi smartphone lainnya, senang sekali jika bisa mendengar darimu juga. Siapatahu, daftar ini bisa saya perbaharui kembali ;)

No comments:

Powered by Blogger.