Bosan Dengan Webtoon Bergenre Romance? Baca 5 Webtoon Ini!

February 19, 2019

Rilis di tahun 2014, LINE Webtoon dari Naver menjadi salah satu aplikasi yang memudahkan membaca komik secara online. Genre ini ternyata berbeda-beda di tiap negara. Di LINE Webtoon versi bahasa Inggris misalnya (kamu bisa berganti bahasa dengan mengatur di opsi pengaturan di aplikasi), genre yang bisa dieksplorasi jauh lebih banyak dan beragam. Salah satunya, adalah genre superhero dengan judul-judul webtoon yang tidak sedikit, menarik sekali untuk disimak. Tapi, untuk webtoon bergenre superhero, saya akan bahas di tulisan lainnya. Di tulisan ini, saya ingin berbagi 5 webtoon rekomendasi saya—yang bergenre bukan romance, buat kamu yang mungkin bosen dengan genre romance atau justru tidak terlalu senang membaca genre romance seperti saya.

Berikut 5 webtoon rekomendasi saya yang bisa kamu baca.

Author                 :  Taejoon Park
Update                :  Minggu (English)
Terbit Sejak         :  4 Juni 2017 Sampai Sekarang
Jumlah Episode   :  Sudah 218 Episode
Edisi                     :  English


Lookism adalah salah satu webtoon yang sangat saya rekomendasikan. Ditulis oleh Taejoon Park, webtoon ini mengangkat begitu banyak isu sosial di Korea Selatan (yang beberapa isu terjadi juga di negara-negara lain). Isu yang paling mendasar dan inti yang diangkat dalam webtoon ini adalah mengenai standar penampilan—tentang betapa keharusan untuk tampil cantik dan ganteng dan keren-kece sebenarnya sangat mendiskriminasi dan menjadi semacam penyakit sosial. Daniel Park, sang tokoh utama, adalah seorang remaja Korea yang mengalami krisis identitas karena berat dan ukuran badan yang pendek-gemuk, serta wajah yang tidak masuk dalam standar ganteng di Korea. Ia malah sering di-bully dan dijuluki “babi” karena tampilan fisiknya. Suatu saat, entah bagaimana, Daniel Park terbangun di dalam tubuh baru yang 180 derajat berbeda sekali : ganteng, tinggi, keren, dan memiliki beragam keahlian. Ternyata, sejak saat itu, ia memiliki dua tubuh—tubuh lamanya tadi dan tubuh barunya, yang saling berganti setiap hari. Jika yang satu tertidur, maka yang lainnya bangun.

Yang saya suka dari webtoon ini adalah gambarnya yang detail dan warna-warna tegas yang hidup. Pesan dalam chapter ceritanya juga tak jarang membuat hati nyes dan menambah pengetahuan akan isu-isu sosial yang diangkat. Ngomong-ngomong, Lookism juga terbit di bahasa Indonesia, tapi saya belakangan ini memilih membaca English version, karena update-nya lebih cepat beberapa episode, hehe.


Author                 :  Morangg
Update                :  Kamis (Indonesia)
Terbit Sejak         :  18 Februari 2016 Sampai Sekarang
Jumlah Episode   :  Sudah 158 Episode
Edisi                     :  Indonesia


Bagi yang senang dengan tema persahabatan, webtoon ini pas sekali untuk diikuti. Berkisah tentang Nari, seorang anak remaja, dalam persahabatannya dengan ketiga remaja perempuan lain—Yoona, Mirae, dan Sunji. Masalahnya, Nari merasa ia tidak secantik ketiga teman-temannya. Ia merasa menjadi “bebek” di tengah angsa-angsa. Namun, jangan berpikir tokoh Nari ini adalah anak yang terus-terus mengidap self-pity yang akut ya. Pada kenyataannya, Nari ternyata memiliki kepribadian yang unik, yang membuatnya istimewa di antara teman-teman dekatnya ini. Oh ya, webtoon ini juga terbit dalam bahasa Inggris dengan judul Odd Girl Out lho. Gambar dan alur cerita, dijamin menghibur (dan tak jarang juga, haru-biru). Uwu.


Author                 :  Joho
Update                :  Setiap Sabtu & Minggu
Terbit Sejak         :  14 Mei 2016 Sampai Sekarang
Jumlah Episode   :  Sudah 289 Episode
Edisi                     :  English


Mengangkat kisah tentang keseharian seekor kucing yang bermata satu (Saphie) dan ketiga saudara angkat kucingnya (Simba, Sahn, dan Sol), para pencinta kucing pasti akan sangat terhibur membaca webtoon yang satu ini. Apalagi, cerita webtoon ini diadaptasi dari kisah nyata—yes, para tokoh kucing di dalam webtoon ini benar-benar ada, mereka adalah kucing-kucing yang diadopsi Joho (author) dan menjadi bagian dari keluarganya. Tidak terlalu panjang, tapi webtoon ini begitu kocak dan menghibur. Gambar webtoon juga terkesan sederhana, tetapi tetap unik dengan gambar khas dan pilihan warna yang lembut. Pas, menggambarkan tokoh kucing-kucing lucu Joho. Bagi para pencinta kucing, siap-siap untuk merasa “ih, sama!” dan terkikik sendiri ketika membaca episode webton ini ya!


Author                 :  Sibbil
Update                :  Jumat (Indonesia)
Terbit Sejak         :  21 April 2016 Sampai Sekarang
Jumlah Episode   :  Sudah 120 Episode
Edisi                     :  Indonesia


Bertemakan kuliner, webtoon ini cocok untuk kamu yang, 1) senang memasak, senang makan, atau senang melihat cooking as pleasure seperti saya, atau 2) adalah anak kos yang butuh ide-ide kreatif mengolah makanan-minuman dengan budget yang tidak keterlaluan. Berasal dari Thailand, webtoon ini memang bisa menghadirkan resep-resep makanan-minuman yang beragam, yang gampang banget untuk dicoba di kos atau rumah sendiri. Ehem. Saya senang sekali dengan gambarnya yang sederhana tapi unik, ditambah foto-foto panduan memasaknya yang kece-kece. Author juga tak lupa menambahkan cerita pembuka dan penutup untuk mendampingi resep yang dibagikan di setiap episode.


Author                 :  Muffin Girl
Update                :  Author Sedang Hiatus (Jeda Istirahat)
Terbit Sejak         :  2 April 2017 Sampai Sekarang
Jumlah Episode   :  Sudah 295 Episode
Edisi                     :  English


Kalau Saphie: The One-Eyed Cat mengangkat kisah tentang kucing sebagai binatang peliharaan—webtoon ini juga sama, mengangkat cerita binatang peliharaan yang diadaptasi dari kisah nyata, tetapi tentang burung-burung. Ya, Muffin Girl (author) memang hobi memelihara burung—dimulai dengan mengadopsi satu burung parkit bernama Tony, sampai akhirnya mengadopsi tiga burung lainnya, yang kemudian menjadi teman-teman dan keluarga Tony. Dalam webtoon ini, Muffin Girl (author) mengisahkan tentang perjalanannya mengadopsi burung-burungnya—yang tak kalah seru untuk diikuti meski kamu bukan pemelihara burung seperti saya. Ceritanya juga kocak, dengan gambar yang lucu, dan alur cerita yang greget. Satu hal yang pasti, membaca webtoon ini menambah pengetahuan mengenai cara memelihara burung lho.


______________________

Tiga webtoon teratas dalam daftar ini adalah tiga webtoon wajib yang saya baca tiap kali membuka aplikasi LINE Webtoon. Favorit saya. Sebenarnya daftar webtoon favorit di aplikasi masih panjang kok. Tapi, lima webtoon ini adalah lima webtoon yang paling saya rekomendasikan untuk ceritanya yang kocak dan menghibur hati sekali.

Jadi, kamu mau baca yang mana? ;)

No comments:

Powered by Blogger.