YOU ARE NOT ALONE (SUICIDE PREVENTION DAY 2017)

by - September 10, 2017




For everyone who has suicidal thoughts, please know that we care for you. We want you to keep survive, to not give up on life. Please hold on, please. Let's survive together.

We made this simple poster with our sincere heart to give our support for you, for everyone who has suicidal thoughts. You are not alone, yes we support you to continue life. Yes, you can. Dear friends, hope will arise. We hope you will be brave again, we hope you will gain a new strength to hold on.

And if you need someone to talk to, yes you can contact us privately :') Warm hugs from all of us.


* * * * *


  

Tahukah kamu secara statistik global tercatat setiap tahunnya lebih dari 800.000 orang meninggal karena bunuh diri, atau 1 kematian setiap 40 detik? Angka ini berdasar penelitian selama 10 tahun di 172 negara, seperti yang dituturkan Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI dr Eka Viora, SpKJ (beritasatu.com). Itu belum termasuk yang tidak tercatat karena satu dan banyak hal. Jelas ini tidak bisa dibilang sedikit atau sepele.

Isu bunuh diri harus disingkapi, tanpa stigma maupun glorifikasi. Ya, no stigma, artinya kita sepatutnya tidak menghakimi mereka yang bergumul dengan pikiran/tindakan bunuh diri (dengan cap-cap negatif seperti "kurang beriman" dst), namun mendukung mereka untuk kembali melanjutkan hidup dengan berani. Ya, no glorifikasi, artinya kita juga tidak mengagungkan isu bunuh diri dan memakluminya sebagai sesuatu solusi, tentu tidak. Bunuh diri bukan solusi, pikiran atau tindakan bunuh diri harus diatasi.

Emotional support bagi mereka yang bergumul dengan pemikiran/tindakan bunuh diri dan bagi para survivor, adalah kunci, adalah satu hal yang bisa kita tawarkan berikan untuk menolong mereka. Kenali tanda-tanda kemungkinan bunuh diri, peka berelasi, tidak menghakimi atau mengglorifikasi isu bunuh diri, dan mau mendukung mereka untuk melewati masa sulit dengan sepenuh hati.


Do Care, Do Share, Together Is Better.
#survivetogether September 10th, 2017. World Suicide Prevention Day.
(Memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia)

You May Also Like

0 comments