Ngobrolin Dream Jobs Yang Gak Biasa, Apa Saja?

July 10, 2018

Jika di masa kanak-kanak kita sering ngobrolin mengenai cita-cita, di masa usia beranjak dewasa kita beralih ngobrolin mengenai dream jobs. Ternyata, cita-cita memang dominan berujung pada profesi dan pekerjaan, yang jika sudah semakin dewasa, kita makin tahu dan sadar mana pekerjaan yang menarik, mana yang tidak. Menarik, tentu saja bersifat sangat subjektif. Ada orang yang melihat sebuah pekerjaan menarik, dari sisi kemudahan dan penghasilan. Ada juga orang yang melihat sebuah pekerjaan menarik, dari sisi keseruan apa yang dikerjakan dan kesesuaiannya dengan minat.

Setelah menulis daftar 6 pekerjaan yang mengisi perjalanan cita-cita saya sedari kecil, di tulisan ini, saya ingin menulis daftar 6 pekerjaan yang saya lihat sebagai dream jobs yang sangat menarik. Siapa tahu, tulisan ini bisa dibaca oleh mereka yang masih menempuh perjalanan tentang menjadi apa dan menjadi masukan tersendiri, haha.


Ngobrolin dream jobs yang gak biasa, apa saja?

1. Marine Biologist

Pertama kali, saya mengenal ada profesi sebagai marine biologist, ketika sedang berkunjung ke Sulawesi Utara dan berkenalan dengan teman-teman dari jurusan Biologi Kelautan di Universitas Sam Ratulangi. Perjalanan itu mengesankan, karena kami juga mengambil waktu untuk bermain dan bersantai di pantai ujung Sulawesi yang masih alami, lalu teman-teman menjelaskan mengenai biota laut yang kami temui disana pada saya. Itu sekitar tahun 2014, dan sekarang, mata saya makin terbuka tentang betapa serunya profesi sebagai marine biologist, dalam paparan pengetahuan di dunia maya. Pekerjaan ini ternyata termasuk lazim di luar negeri sana.

Photo by Pascal van de Vendel on Unsplash
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Marine Biologist? Marine biologist, seperti namanya, memang fokus dalam mempelajari biota laut. Mereka menyelidiki perilaku maupun fisiologi populasi dari biota laut, pun menilai bagaimana kondisi habitat, juga efek aktivitas manusia pada habitat tersebut. Umumnya dan singkatnya, seperti itu. Dalam beberapa kasus, mereka dapat merekomendasikan praktik industri alternatif untuk meminimalkan efek negatif pada spesies dan habitat laut. Mereka juga dapat mengkomunikasikan temuan dan rekomendasi mereka dengan menulis laporan dan artikel jurnal ilmiah. Beberapa rekan Marine Biologist yang saya tahu, pun sangat dekat dengan fotografi, yang bisa menjadi sarana mendokumentasi & mengkomunikasikan keilmuan dan pengetahuan mereka tentang laut pada publik. Lebih lanjut, kamu bisa baca di sumber artikel berikut.

Mengapa Marine Biologist menjadi dream job? Karena pasti, selalu berhubungan dan bersentuhan dengan pantai. Ini mutlak sebuah kebahagiaan. Belajar tentang biota laut, juga sangat menarik. Belum lagi, bisa mengenal lebih jauh dan dalam tentang keindahan bawah laut Indonesia (dan dunia), yang sangat kaya.


2. Pawang Binatang di Kebun Binatang (Zookeeper)

Saya tidak pernah merasa menjadi pawang binatang itu menarik, sampai saya menonton beberapa film yang menyoroti profesi ini di kebun binatang di luar negeri. Harus saya akui dengan sedih, Indonesia memang belum memiliki banyak kebun binatang yang dapat dikatakan baik dan menarik—mungkin itu juga mengapa profesi ini tak memikat jika dilihat di Indonesia. Namun, ketika saya tahu bahwa panda dari Negeri China yang dipinjamkan ke Indonesia memiliki pawang khususnya sendiri darisana yang ikut hijrah ke Indonesia, saya cukup terpana. Terpana, karena profesi ini sebenarnya memiliki peran yang sangat penting, dan sangat menarik. Bagaimana dengan profesi ini, setiap binatang memang diberikan perhatian khusus dan diistimewakan. Tapi, tetap dalam preferensi saya, saya lebih memilih pawang binatang yang menangani hewan-hewan herbivora lucu seperti panda dan rakun, misalkan. Hewan karnivora memiliki tantangannya sendiri.

Photo by Barbara Haddock Taylor
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Pawang Binatang (Zookeeper)? Pawang binatang (zookeeper) merupakan profesional yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan kesehatan binatang yang didampingi secara holistik. Tugas seorang penjaga kebun binatang biasanya termasuk memberi makan, memberikan obat, membersihkan dan memelihara kandang hewan, melaporkan perubahan perilaku yang tidak biasa kepada manajer atau dokter hewan, membantu prosedur dokter hewan, menyimpan catatan rinci, dan mendidik masyarakat umum terkait isu hewan tersebut. Lebih lanjut, kamu bisa baca di sumber artikel berikut.

Mengapa Pawang Binatang (Zookeeper) di Kebun Binatang menjadi dream job? Seperti yang sudah saya sebut tadi, pawang binatang memiliki peran istimewanya sendiri yang membuat setiap binatang di kebun binatang yang didampingi menjadi istimewa. Ide ini sangat menarik bagi saya (pun, orang-orang pencinta binatang). Kedekatan antara pawang binatang dan binatang yang didampingi juga sering kali mengharukan. 


3. Pustakawan (Librarian)

Pertama kali saya bertemu mahasiswa sealmamater dari jurusan Ilmu Perpustakaan, saya agak terheran-heran. Waktu itu, di tahun 2009, saya baru tahu bahwa ada jurusan Ilmu Perpustakaan. Saya tidak tahu juga prospek jurusan ini, sebenarnya. Sampai, belakangan ini, saya justru melihat jurusan ini (dan profesi yang dituju) malah menarik sekali. Jadi librarian rasanya punya kebahagiaan sendiri, berada di antara buku-buku setiap hari, haha. Apalagi, perpustakaan adalah salah satu tempat favorit bagi para pencinta dan pembaca buku.

Photo by Taylor Ann Wright on Unsplash
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Pustakawan (Librarian)? Secara umum, pustakawan melakukan hal-hal seperti memesan sampai menata buku, baik yang baru maupun lama, juga terkait dengan pencatatan buku. Pustakawan menyediakan bacaan yang tepat bagi setiap kelompok pembaca. Namun, pekerjaan pustakawan juga memiliki beberapa spesialisasi lagi, sehingga yang dikerjakan juga tergantung pada spesialisasi tersebut. Lebih lanjut, kamu bisa baca di sumber artikel berikut dan berikut.

Mengapa Pustakawan (Librarian) menjadi dream job? Hidup di antara buku-buku setiap hari, kerja di dalam tempat yang jadi salah satu mood booster terampuh, dan bisa tahu banyak sekali judul buku = another heaven on earth. Ini salah satu dream job untuk para pencinta buku. Jadi, sudah gak bingung lagi mengapa ada jurusan Ilmu Perpustakaan di beberapa universitas di Indonesia ya.


4. Desainer Interior

Pekerjaan yang diawali dengan kata “desainer” rasanya selalu menarik. Namun, soal desainer interior ruangan, ini random banget sih, kepikiran tiap kali saya pergi kemana dan ngeliat desain interior ruangannya unik dan nyaman sekali. Restoran, caffee, shop tertentu. Saya bertanya-tanya kadang bagaimana ilmu yang mereka pelajari, tentang bagaimana menaruh desain persegi panjang di langit-langit misalkan, juga perpaduan warnanya, dan seterusnya.

Photo by Jason Leung on Unsplash
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Desainer Interior? Sederhananya, mendesain ruangan, hehe. Namun, harus dibedakan antara desainer interior dan dekorator interior. Desainer interior harus menempuh jenjang pendidikan tertentu dan belajar ilmu beragam (dari desain, building codes and spatial concepts, ergonomi, bahkan psikologi, dsb) terkait hal ini. Ya, dekorator interior bisa jadi alternatif pilihan lain, yang lebih mudah memang. Lebih lanjut, kamu bisa baca di sumber artikel berikut.

Mengapa Desainer Interior menjadi dream job? Pertama, pekerjaan ini berhubungan dengan desain dan seni, penuh daya kreativitas juga kan. Kedua, pekerjaan ini sepertinya cukup menjanjikan dari sisi finansial ya. Ketiga, pekerjaan ini bermanfaat besar bagi orang lain : dalam perannya untuk memberikan kesan dan atmosfer yang nyaman dan menyenangkan bagi sebuah ruangan.


5. Barbie’s Fashion Designer, Stylist & Photographer

Dari segala pekerjaan yang saya sebut di dalam daftar ini, mungkin pekerjaan ini yang paling tak biasa untuk dibaca ya. Barbie? Haha. Tapi ya, saya menggemari boneka ini, terlepas dari banyak kritik terhadap perusahaan penciptanya, terkait dengan konstruksi kecantikan perempuan yang tidak nyata itu (kan mereka juga sudah intropeksi dan mulai mereformasi produk bonekanya menjadi lebih terbuka terhadap keberagaman konstruk kecantikan). Sejujurnya, saya entah kenapa lebih senang mengikuti dan melihat update feed instagram akun Barbie yang menampilkan gaya fashionista-nya dibandingkan selebgram aseli manusia, hehe. Rasanya lebih lucu dan kreatif sekali, karena ukurannya lebih (bahkan sangat kecil) dan tim designer/stylist/photographer ini bisa membuat boneka-boneka Barbie kelihatan seperti manusia, selebgram yang berpose model-like. Ah, kreatif sekali.

Barbie X Marni Senofonte, Beyonce's Stylist
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Barbie’s Fashion Designer/Stylist/Photographer? Sejujurnya, ketika browsing mengenai ini, saya tidak mendapatkan sumber yang tampaknya pas untuk dirujuk. Tapi sepertinya, deskripsi pekerjaannya tidak akan jauh-jauh kok dari apa yang kita bayangkan, tidak jauh dari deskripsi pekerjaan fashion designer/stylist/photographer secara umum juga—bedanya, ini khusus untuk Barbie.

Mengapa Barbie’s Fashion Designer/Stylist/Photographer menjadi dream job? Karena bagi saya, itu fun. Haha. Ya, berurusan dengan boneka itu membahagiakan sih. Apalagi, Barbie memang salah satu boneka paling fashionista di dunia ya, doi bisa jadi apa saja euy. Jadi, ngomongin Barbie sepertinya di zaman sekarang gak terbatas usia anak lagi. Kamu bisa cek langsung akun Instagramnya yang kekinian itu, di @barbiestyle ;)


6. Toys Maker & Inventor

Terkait dengan pekerjaan yang saya tuliskan di nomor 5, sebenarnya saya juga memiliki minat yang sangat besar terhadap semua jenis mainan anak-anak (itu juga mengapa saya senang mengunjungi toys store, sama seperti saya senang mengunjungi perpustakaan dan toko buku). Dunia anak itu sangat luas untuk dieksplorasi. Dalam kepolosan dan keceriaannya, mainan adalah salah satu hal yang tak bisa luput dibahas terkait dunia anak ini. Namun, mainan bagi anak tidak hanya jadi sekedar mainan. Mainan bisa memiliki makna yang lebih bagi anak, pun memberi dampak yang signifikan bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Photo by Markus Spiske on Unsplash
Apa saja ya yang dikerjakan oleh Toys Maker & Inventor? Pekerjaan ini sepertinya tidak lazim didengar ya, haha. Namun, pekerjaan ini jelas ada—meskipun, saya tidak tahu bagaimana perkembangannya untuk konteks di Indonesia. Secara dasar, pekerjaan toys maker/designer adalah membuat mainan, yang tentu tidak sekedar asal buat. Seperti yang saya sebut di paragraf sebelumnya, perihal membuat atau mendesain mainan sebagai pekerjaan menjadi cukup rumit karena mempertimbangkan faktor-faktor interseksionalis terkait. Lebih lanjut, kamu bisa baca di sumber artikel berikut dan berikut.

Mengapa toys maker & inventor menjadi dream job? Pertama, karena pekerjaan ini memiliki dampak yang signifikan bagi perkembangan dunia anak. Meriset, menganalisis, memikirkan, dan menciptakan mainan yang tepat dan kreatif buat anak adalah salah satu pekerjaan seru. Kedua, kerja bersama dan mengurusi tentang mainan tampaknya sangat seru dan berwarna buat saya, haha. Childhood dreams come true!


Daftar dream jobs, atau “pekerjaan impian” di atas, memang sepenuhnya berdasar atas apa yang saya pikirkan—tentu, setiap orang memiliki versi dream jobs-nya sendiri, yang bisa jadi berbeda satu sama lain. Saya perlu menekankan, bahwa untuk membuat daftar enam pekerjaan dan mengkategorikannya sebagai dream jobs di atas, saya tidak melihat faktor finansial sebagai hal yang utama untuk dikejar. Berhubung konten artikel ini juga cukup personal, mungkin di artikel selanjutnya, saya akan lebih detail membahas informasi lanjutan dari keenam jenis pekerjaan dalam daftar dream job ini. Kalau kamu, apa dream jobs versi kamu?

No comments:

Powered by Blogger.