Bangun, Bangkit, Bersama Album Baru Hillsong Worship—"Wake" (2019)

November 30, 2019

Setelah 30 tahun lebih memberkati gereja di seluruh dunia dan memperlengkapi dengan lagu-lagu yang diilhami oleh Roh Kudus dan bertujuan untuk memuliakan nama Kristus, Hillsong Worship kembali dengan album baru berjudul Wake. Album yang dirilis di tanggal 11 Oktober 2019 ini merupakan sebuah album yang bersemangat mengajak jemaat Kristus di seluruh dunia untuk bangun dan bangkit kembali dalam spiritualitas.


“Awakening is, at its essence, revival; it’s a renewing of the Church and waking the people who have been asleep. We’re not just Church when we’re together singing live in a room - we’re Church at all times. God was powerfully working in us as we created every song on this project. He is not finished yet and is calling us all to wake up and lead his revival.”

Brooke Ligertwood, Hillsong Worship

Ada 12 lagu baru dalam Album Wake (2019) dari Hillsong Worship, dua belas lagu ini semuanya direkam di studio musik. Namun tak hanya itu, kita juga bisa menikmati 3 lagu rekaman live lainnya yang ditambahkan Hillsong Worship dalam album ini. 3 bonus lagu rekaman live ini berjudul “See The Light”, “King of Kings”, dan “No One But You”. “King of Kings” sendiri sebagai single yang rilis mendahului album ini, terus menanjaki tangga lagu dengan catatan lebih dari 10 juta kali telah didengar streaming dan lebih dari 3 juta tayangan di YouTube.


Berikut daftar lengkap 15 lagu dalam Album Wake (2019) dari Hillsong Worship :
1. Dawn (instrumental)
2. Awake My Soul
3. Come Alive
4. See The Light
5. No One But You
6. King of Kings
8. From Whom All Blessings Flow (Doxology)
9. Every Breathe
10. Bright As The Sun
11. Upper Room
12. He Shall Reign
13. See The Light (live)
14. King of Kings (live)
15. No One But You (live)

Musik dalam Album Wake (2019) juga menampilkan sisi uniknya sendiri, jika dibandingkan dengan album-album sebelumnya dari Hillsong Worship. Musik dalam album ini umumnya memang bertujuan kuat untuk praise & worship, pujian dan penyembahan—namun ada juga sentuhan unik lain, seperti dalam lagu “See The Light” yang menampilkan jenis musik yang lebih kekinian anak muda, seperti jenis musik yang banyak dimainkan oleh Hillsong Young & Free. Sentuhan nada seperti lagu-lagu himne (hymn) gereja, juga terasa dipadukan dengan begitu unik di beberapa lagu, seperti dalam lagu “He Shall Reign”. Yang pasti, tema tentang kebangkitan menjadi inti utama dan semangat dari lirik setiap lagu dalam album ini, tanpa terkecuali—dan keseluruhan musik yang disusun Hillsong Worship dalam album ini sangat pas mendukung tema kebangkitan yang diusungnya.

Ada dua dari lima belas lagu dalam Album Wake (2019) yang menjadi favorit saya, yaitu “See The Light dan “Upper Room. Dalam “See The Light, saya menemukan ajakan kuat untuk kembali bangun dan bangkit—sementara dalam “Upper Room, saya menemukan sebuah doa yang begitu tulus dan sederhana, tetapi bermakna sangat dalam, untuk mengundang Allah Roh Kudus terus memimpin langkah dan hidup, meski di tengah segala kelemahan dan keterbatasan manusiawi. Berikut video dan lirik lagu “Upper Room” yang semakin menyentuh dengan vokalisasi penuh penghayatan dari Taya Gaukrodger (Taya Smith).


Help me Holy Ghost
I need You more than anything
All my best ideas are Yours
So what am I but what You make of me

So help me God
Breathe on my weakness
For all I want is to be like Jesus
I don't have much
But what I have is Yours to use
So make my whole life
Your upper room

Help me Holy Ghost
I need You more than I can say
May Your thoughts become my own
Till the Father's will be done in me

So help me God
Breathe on my weakness
For all I want is to be like Jesus
I don't have much
But what I have is Yours to use
So make my whole life
Your upper room

(Upper Room, Hillsong Worship)

Pemilihan judul “Upper Room”  juga merupakan simbolisasi yang unik yang dipakai Benjamin Hastings & Joel Houston, sebagai penulis lagu ini. Istilah “Upper Room” dalam kekristenan, khususnya mengingat masa gereja mula-mula, memiliki pemaknaan yang sangat kuat dan erat dengan kehadiran Roh Kudus dan kebangkitan. Dalam tradisi kristen, “Upper Room”(atau cenacle, dari bahasa Latin cēnāculum "dining room", dan kemudian diucapkan sebagai coenaculum), merupakan tempat dimana Kristus Yesus menggelar Perjamuan Terakhir (The Last Supper), tempat dimana Kristus menampakkan diri pada murid-murid-Nya setelah kebangkitan, sampai tempat dimana para murid menerima baptisan Roh Kudus setelah kebangkitan Kristus (Pentakosta). Maka, menyanyikan lirik “so make my whole life Your upper room” (jadikan seluruh hidupku “upper room”-Mu) dapat berarti mengundang Roh Kudus untuk hadir, memimpin, dan menganugerahkan kebangkitan.

Hillsong Worship, dalam Album Wake (2019)

Untuk kamu yang ingin berkata ya untuk ajakan Hillsong Worship untuk bangun dan bangkit kembali dalam kehidupan spiritualmu, Album Wake (2019) dari Hillsong Worship bisa langsung kamu dengarkan di aplikasi Spotify, Apple Music, Amazon Music, atau di YouTube Channel Hillsong Worship. Kamu juga bisa membeli CD, Vinyl Record, Digital Worship Kit, dan Paper Music Book dari album ini, langsung di Hillsong Store.

Selamat menikmati Album Wake (2019) dan selamat bangun-bangkit kembali!



No comments:

Powered by Blogger.