MPS B SANTAI

November 07, 2012



Tidak terasa sudah setengah tahun lebih, masa-masa MPS (metode penelitian sosial; sebuah mata kuliah wajib untuk mahasiswa Sosiologi), berlalu. Seiring dengan skripsi saya yang memilih metode penelitian kuantitatif, saya kembali didorong untuk "kembali" ke halaman-halaman hari dimana kami menikmati masa-masa MPS: ribetnya inventarisasi-kategorisasi pertanyaan terbuka kuesioner, begadang dimana-mana bersama mr. SPSS dan ms. word, diskusi ngalur-ngidul kadang kala ketika membicarakan soal research design dan hasil penelitian kami.

Saya ingat bagaimana kelompok kami disebut kelompok MPS yang paling santai, pertama karena ketua kelasnya, teman saya sarani pitor. Kedua, karena sepertinya kami adalah kelompok paling mandiri (hm, dosen pembimbing kami memang membimbing kami dengan cara yang sedikit berbeda hehe), dan santai-santai saja dalam mengerjakan segala laporan penelitian itu, jika dibandingkan dengan kelompok lain, kelompok MPS A dan kelompok MPS C. Jadilah, kami menyebut diri MPS B SANTAI! haha :")

Salah satu yang cukup saya rindukan, sebenarnya, adalah kunjungan ke email bersama kami. Demi mencari file compile-an lengkap dari laporan penelitian kami, untuk referensi skripsi, beberapa saat lalu saya kembali login ke alamat email kami---ke "rumah" kami, yang sudah begitu sepi sekarang.

Merasakan menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir memang kadang terharu-biru kalau menolehkan kepala lagi, ke lembaran catatan kuliah di belakang. Sosiologi, tidak pernah saya sesali. Sebuah perjalanan, hadiah Yang Mahakasih.

1 comment:

  1. Blogwalking to your blog.
    Have a visit to mine if you have your time. :)

    CN -cnovreica.blogspot.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.